06 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lintasan Kutacane – Blangkejeren Longsor, TNI dan Warga Lakukan Pembersihan

...

  • portalsatu.com
  • 14 July 2020 08:46 WIB

TNI dan warga melakukan pembersihan material longsor [Foto: IST]
TNI dan warga melakukan pembersihan material longsor [Foto: IST]

Longsoran menyebabkan arus transportasi terganggu, 132 warga dari 38 keluarga terpaksa mengungsi, 37 rumah warga juga mengalami dampak longsoran.

KUTACANE – Hujan lebat yang terjadi pada Minggu, 12 Juli 2020 menyebabkan badan jalan nasional penghubung Kabupaten Aceh Tenggara dengan Kabupaten Gayo Lues longsor, hingga menyebabkan arus transportasi ke dua kabupaten itu sempat putus total, Senin, 13 Juli 2020.

Longsoran terjadi di kawasan Desa Gurah jalan nasional Kutacane -Blangkejeren dan di desa Simpur Jaya, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Senin, 13 Juli 2020. TNI Kodim 0108 Aceh Tenggara bersama warga melakukan pembersihan material longsor agar warga bisa melintas.

Komandan Kodim (Dandim) 0108/Agara Letkol Czi Noor Arif Khusaini mengatakan jajaran Kodim 0108/Agara mengerahkan personel TNI terkait menuju lokasi kejadian pada malam kejadian tersebut. Dari hasil pendataan yang dilakukan terdapat sebanyak 12 titik yang terkena dampak tanah langsor tersebut.

"Ada 12 titik yang terkena dampak tanah longsor, termasuk badan jalan lintas antara  Kutacane dan Blangkejeren tidak dapat dilalui. Sampai saat ini pengungsi berjumlah sekitar 132 jiwa (38 KK). Jumlah rumah masyarakat yang terdampak sebanyak 37 unit,” jelasnya.

Akibat longsor juga menyebabkan antrian kenderaan yang akan melintasi kawasan tersebut, karena badan masih digenangani lumpur, sehingga dilakukan jalur buka tutup jalan, untuk menghindari kemacetan.

Untuk menormalkan kembali arus lalu lintas TNI dari Kodim 0108/Agara bersama Polri, Dinsos, BPBD Kabupaten Aceh Tenggara dan masyarakat sekitar, bersinergi membersihkan material longsoran di badan jalan.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.