21 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lombok Gempa Lagi, Trauma Masyarakat Bertambah

...

  • PORTALSATU
  • 10 August 2018 11:00 WIB

@Istimewa
@Istimewa

GEMPA terbaru hari ini, Kamis/9 Agustus 2018 yang terjadi pukul 13.25 WITA menambah trauma masyarakat khususnya di kabupaten Lombok Utara. Sebagai daerah terdampak paling parah, goyangan ini memang melebihi getaran susulan sebelumnya. Terlebih waktu kejadian siang hari, tidak seperti gempa-gempa kecil susulan sebelumnya yang lebih sering terjadi di malam dan dini hari.

Beruntung pelayanan pasien di RSUD Tanjung masih dilakukan di tenda-tenda di halaman rumah sakit. Sehingga tingkat cedera dari gempa terakhir di lingkungan RS hampir nol. Namun tetap saja perasaan kaget dan trauma terbaca dari wajah-wajah mereka. Petugas radiologi yang sedang bertugas berlari keluar ruangan, diikuti oleh pasien yang terbaring digotong oleh prajurit Batalyon Kesehatan (Yonkes) 2 dari Malang.

Dari luar, sangat jelas terlihat bangunan RSUD Tanjung yang sudah rusak bergoyang- goyang, kusen alumunium berjatuhan dari lantai 2, plafon runtuh dan tembok yang sebelumnya retak roboh. Bahkan petugas teknik yang sebelumnya memindahkan inkubator dari lantai 2 tidak dapat menyembunyikan kecemasannya. Tubuh dan bicaranya bergetar. Petugas radiologi pun meminta ijin untuk tidak melanjutkan kerja saat itu.

Relawan medis MER-C, Arief Rachman, mengatakan, gempa ini juga semakin menyulitkan upaya percepatan pemindahan pasien dari tenda ke gedung RS yang layak pakai. Beberapa ruang yang sudah dinyatakan aman oleh ahli sipil, rencananya akan digunakan sebagai bangsal perawatan. Hal ini mengingat perawatan di tenda sangat melelahkan. Pasien sendiri terpapar debu, panas, suara berisik lalu-lalang lalu-lintas. Privasi pun tidak terjaga. Tapi upaya ini sepertinya akan ditolak oleh pasien dan keluarga. Mereka bisa jadi memilih keamanan di atas kenyamanan.

"Semoga saja gempa segera berlalu. Atau ini memang bentuk ujian kesabaran untuk kita semua? Dukungan dan donasi bagi Korban Gempa Bumi Lombok dpt disalurkan melalui BCA: 686.0099339, BSM: 701.5658.899, BNI Syariah: 303.2000.922, Atas Nama: Medical Emergency Rescue Committee, Info: www.mer-c.org, 0811990176, FB: MER-C Indonesia. #mercpedulilombok," kata Arief.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.