21 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Longsor di Subulussalam Ancam Badan Jalan Nasional

...

  • SUDIRMAN
  • 03 December 2017 13:20 WIB

SUBULUSSALAM - Longsor kembali terjadi di dua titik di Desa Cepu, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Akibatnya ruas jalan nasional Subulussalam-Medan Sumatera Utara terancam putus.

Longsor diduga akibat tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir di wilayah Kota Subulussalam, yang menyebabkan tanah tergerus air. Selain itu, faktor belum adanya saluran drainase di daerah itu menjadi salah satu penyebab longsor di Desa Cepu.

Pantauan portalsatu.com, Minggu, 3 Desember 2017, lokasi longsor terjadi sebelah kanan arah Subulussalam menuju Medan. Satu unit rumah yang telah dibongkar sebelumnya diinformasikan terbawa longsor dengan kedalaman diperkirakan puluhan meter. 

Penduduk membongkar rumah tersebut karena khawatir ancaman longsor yang mulai mengikis pemukiman itu. Apalagi longsor telah mendekati badan jalan, sekitar satu meter. Selain itu, beberapa rumah penduduk sudah tidak ditempati karena khawatir longsor.

Titik longsor kedua berada sekitar 30 meter dari yang pertama, meski telah dibangun talut tetapi longsor tetap terjadi dan memakan badan jalan sekitar empat meter dengan kedalaman sekira lima meter. 

Amatan di lapangan terlihat petugas dari Dinas PU dan Perumahan Rakyat datang ke lokasi untuk melakukan penimbunan kembali.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.