01 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Longsor Jalan Bireuen - Takengon Belum Diperbaiki

...

  • Murdeli
  • 08 August 2020 15:30 WIB

Foto: Murdeli
Foto: Murdeli

BIREUEN - Longsor di lintas jalan Bireuen - Takengon di wilayah Kabupaten Bireuen sejak beberapa waktu lalu hingga Sabtu, 08 Agustus 2020 belum diperbaiki. Kondisi itu sangat rawan kecelakaan lalu lintas.

Ruas jalan yang ambrol tersebut seperti di kawasan kilometer 25. Sepertiga dari badan jalan lintas nasional itu ambruk ke jurang. Lokasi itu menjadi sangat rawan sebab berada di tikungan tajam.

Petugas terkait sudah memasang tali sebagai aba-aba bagi pelintas. Tetapi itu hanya dapat terlihat jelas bagi pengendara dari arah Bireuen. Sementara bagi pengendara dari arah Takengon, pandangan terhalang tikungan.

Khairul, warga Kutablang, Kabupaten Bireuen yang menuju Takengon, saat singgah di Cot Panglima, Sabtu 08 Agustus 2020 mengatakan jalan ambrol itu sebaiknya segera diperbaiki guna kenyamanan pengguna jalan.

"Kebetulan tadi di depan saya mobil berpapasan, sebab badan jalan sudah longsor, mobil dari arah berlawanan harus berhenti dulu. Menunggu giliran, tidak bisa melaju bersamaan sebab jalan menyempit," kata Khairul.

Khairul mengatakan selain di lokasi itu. Badan jalan terlihat ambrol atau longsor di kawasan kilometer 24 yang kondisinya sama dengan di kilometer 25. Di sana tali yang dipakai sebagai tanda aba-aba kepada pelintas sangat minim.

"Memang ini kondisi alam atau tanah yang labil. Longsor akan terus terjadi di jalan ini. Tetapi mengapa pula perbaikan turut berhenti. Sebaiknya perawatan dilakukan secara kontinyu, tak dibiarkan berbulan-bulan," katanya.

M Yunus warga Sukatani, Kecamatan Juli mengatakan selain badan jalan yang longsor atau ambrol. Pantauan wartawan di banyak titik badan jalan dari kilometer 13 hingga 25 bergelombang yang membahayakan pelintas.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.