24 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Longsor, Kebakaran dan Banjir di Tiga Daerah, Ini Kata BPBA

...

  • Rino
  • 26 April 2019 08:00 WIB

Foto: dok. BPBA
Foto: dok. BPBA

BANDA  ACEH - Sejumlah bencana menimpa Bumi Serambi Makkah dalam sehari. Longsor, kebakaran, dan banjir terjadi di tiga lokasi berbeda, Kamis, 25 April 2019.

Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan badan jalan Meulaboh-Geumpang, tepatnya Desa Tungkop, Kecamatan Sungaimas, Kabupaten Aceh Barat tertimbun longsor. Akibatnya, lalu lintas tersendat.

Selanjutnya, kebakaran lahan terjadi di wilayah PTPN 1, Kebun Lama Desa Pondok Tengah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Tim pemadam berhasil memadamkan api menjelang Magrib.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, kebakaran diduga karena cuaca panas. Namun, itu masih berdasarkan pengakuan penjaga perusahaan negara tersebut.

"Cuaca yang terlalu panas di Kota Langsa menyebabkan timbulnya titik panas. Namun informasi ini berdasarkan laporan pihak penjagaan PTPN 1 ke Posko Damkar dan TRC Regu C," jelas Dadek, kepada portalsatu.com, Kamis, 25 April 2019. 

Kabar lainnya datang dari Pidie. Kabupaten ini dilanda banjir akibat sungai meluap karena hujan terus mengguyur.

Hujan masih belum berhenti menjelang malam hari. Bencana ini juga mengakibatkan jalan nasional yang menghubungkan Tangse-Beureuneun putus dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Hingga berita ini ditulis malam tadi, pihak terkait masih terus melakukan pendataan, baik dampak material, maupun pengungsi akibat bencana ini. Sementara itu, air masih belum surut sejak Kamis siang.

"Tim BPBD Pidie terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan," ujar Dadek.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.