25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


LPMA Prioritaskan Swasembada Pangan

...

  • portalsatu.com
  • 14 November 2017 17:40 WIB

Penyerahan bantuan LPMA secara simbolis kepada masyarakat miskin oleh Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Utara di Lapangan Sepak Bola Nisam, Aceh Utara, 14 November 2017 tadi pagi. @Ist
Penyerahan bantuan LPMA secara simbolis kepada masyarakat miskin oleh Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Utara di Lapangan Sepak Bola Nisam, Aceh Utara, 14 November 2017 tadi pagi. @Ist

LHOKSEUMAWE - Dalam rangka menyukseskan program prioritas pemerintah pusat dan daerah tentang peningkatan swasembada pangan untuk petani sawah daerah pedalaman aceh, LPMA memberikan pupuk, bibit, dan obat-obatan secara gratis di Kecamatan Nisam, Aceh Utara.

Ketua umum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Aceh (LPMA), Gumarni,S.H.,M.Si, mengatakan, barang-barang tersebut diberikan untuk 315 kepala keluarga (KK) petani miskin di Gampong Tingkeuem, Meunasah Rayek, Menasah Cut, Jeuleukat, Blang Dalam Tunong, Blang Dalam Baroh, Blang Dalam Geunteng, dan Cot Mambong, semuanya di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara.

"Daerah yang dibagikan bantuan ini merupakan tempat termiskin bagi petani sawah dan basis konflik saat Aceh belum mencapai perdamaian (MOU Helsinki). Ini peningkatan pemberdayaan masyarakat miskin pedalaman yang dilaksanakan LPMA sebagai mitra pemerintah pusat dan pemerintah daerah," kata Gumarni, saat penyerahan secara simbolis kepada masyarakat miskin yang diserahkan Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Utara di Lapangan Sepak Bola Nisam, Aceh Utara, 14 November 2017 tadi pagi.

Kata Gumarni, bantuan tersebut dari Lembaga Peduli Aceh (LPA) di Jakarta yang membantu LPMA menjalankan program prioritas Presiden dalam rangka peningkatan ketahanan pangan khususnya target swasembada pangan dan peningkatan kesejahteraan petani miskin.

"LPMA sebuah lembaga sosial di Aceh siap membantu program pemerintah pusat dan daerah sebagai pemerintahan yang sah. Kami melihat selama pemerintahan Pak Jokowi banyak program yang sangat pro rakyat di seluruh Indonesia seperti bantuan dana desa yang langsung dicairkan dari pemerintah pusat sehingga berdampak bagus pada kemakmuran rakyat dan pemandangan pembangunan hampir setiap lorong di pedesaan telah teraspal dan rabat beton," katanya.

Program swasembada pangan, kata Gumarni, tengah ditingkatkan untuk seluruh pelosok Indonesia sehingga petani sawah mendapat prioritas kusus dari presiden RI demi rakyat sehat dan hidupnya sejahtera serta anak petani sawah dapat menempuh pendidikan sesuai jaman teknologi berkembang. Jika terkoordinasi secara baik, Gumarni yakin hasil panen padi meningkat, dan pendidikan anak petani pedesaan dapat ditingkatkan kejenjang pendidikan perguruan tinggi. Dan akhirnya mereka dapat mengelola sawah orang tuanya di kampung atau desa secara moderen seperti di luar negeri.

"LPMA berkomitmen melaksanakan kegiatan mulia ini di seluruh Aceh sesuai kemampuan anggaran LPMA yang diperoleh dari donatur atau pihak lain berkompoten mempunyanyi niat atau ingin membantu tercapainya program LPMA yang sedang terjalankan ini," kata Gumarni.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Aceh, Wakil Rektor IPB Bogor Prof. Dr. Dwi Andreas Santoso, MS, Bupati Aceh Utara, Kasrem Lilawangsa Lhokseumawe mewakili Danrem, Dandin Aceh Utara dan tamu undangan dari Jakarta serta pejabat daerah dan muspika kecamatan. Turut hadir Sofyan Dawod, Yusra Pase, dan Direktur Lembaga Peduli Aceh dari Jakarta.[] (rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.