25 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


MA: Pembuatan Surat Keterangan Caleg tak Dipungut Biaya

...

  • ANTARA
  • 06 July 2018 16:10 WIB

Petugas KPU memperlihatkan alur pendaftaran bakal calon Anggota Legislatif yang akan mendaftarkan diri untuk caleg DPR RI di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (4/7). @ Antara/Reno Esnir
Petugas KPU memperlihatkan alur pendaftaran bakal calon Anggota Legislatif yang akan mendaftarkan diri untuk caleg DPR RI di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (4/7). @ Antara/Reno Esnir

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung (Sema) Nomor 2 Tahun 2018 yang mengatur pembebasan pungutan bagi semua caleg yang meminta surat keterangan kepada MA melalui seluruh peradilan umum dan peradilan militer.

"Surat keterangan ini tidak dikenakan PNBP (penerimaan negara bukan pajak). Jadi pembuatannya tidak dipungut biaya alias gratis," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah, di Gedung MA Jakarta, Jumat, 6 Juli 2018.

Pembuatan surat keterangan ini dibebaskan dari biaya karena menyikapi banyaknya permohonan pembuatan surat keterangan dari para calon pimpinan daerah maupun calon anggota legislatif ke pengadilan negeri maupun pengadilan militer sebagai syarat formal para calon peserta.

"Selain itu ada banyak pertanyaan dari peradilan umum maupun peradilan militer terkait pedoman pelaksanaan pembuatan surat keterangan," ujar Abdullah.

Abdullah menjelaskan, bagi peradilan umum dan pradilan militer yang telah terlanjur memungut biaya kepada para pemohon dengan alasan apa pun diminta untuk mengembalikannya.

Abdullah menjelaskan, kebijakan ini merupakan pengecualian terhadap ketentuan huruf e angka 12 Lampiran Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2008 tentang Jenis dan Tarif Atas PNBP pada Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya.

"Diharapkan dengan lahirnya peraturan baru ini dapat memberi kejelasan kepada pengadilan umum dan pengadilan militer untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya," kata Abdullah.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota resmi dibuka 4 sampai 17 Juli 2018. Dikutip dari kpu.go.id, 4 Juli 2018, KPU menyampaikan pesan kepada parpol yang ingin mendaftarkan bacaleg agar menyiapkan dokumen yang memuat syarat pencalonan dan syarat calon sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. (Baca: Dokumen Apa Saja Harus Dibawa Parpol Saat Daftar Bacaleg ke KIP)[] Sumber: antaranews.com

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.