29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mahasiswa dan Buruh Pidie Gelar Aksi Tolak UU Omnibus Law

...

  • ZAMAH SARI
  • 15 October 2020 12:50 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Ratusan mahasiswa dan buruh Pidie menggelar aksi demo di halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, Kamis, 15 Oktober 2020. Mereka menolak pengesahan Undang-Undang Omnibus Law oleh DPR RI, 5 Oktober lalu.

Setiba di halaman Gedung DPRK Pidie, sekitar pukul 9:00 WIB, mereka langsung berorasi secara bergantian baik dari mahasiswa maupun Serikat Buruh. Aksi berlangsung aman dan damai dikawal puluhan personel aparat keamanan. 

Tampak Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian, S.IK., terjun langsung ke lapangan memimpin personel keamanan.  



Aksi Masyarakat Sipil Pidie Tolak Omnibus Law itu diikuti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sigli, Pelajar Islam Indonesia (PII) Cabang Sigli, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Al-Hilal Sigli dan Serikat Buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kabupaten Pidie.

Para orator secara bergantian menyampaikan sikap keberatan dan menolak pengesehan Omnibus Law yang dinilai merugikan masyarakat dan lebih menguntungkan pengusaha. Mereka mendesak Pemerintah Aceh melalui DPRK Pidie untuk melakukan judicial review terhadap UU Cipta Kerja itu.

Mereka yang menyampaikan orasi, Ketua HMI Mahzal Abdullah, Ketua PII Agussalim, BEM Al-Hilal Mustafa Kamal dan Perwakilan Serikat Buruh, Syarifuddin.

Peserta aksi diterima langsung oleh Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail dan sejumlah anggota dewan. 



Mahfuddin melalui pengeras suara mengajak mahasisiwa dan buruh untuk masuk ke ruang paripurna DPRK agar dapat menyampaikan aspirasi mereka dengan tertib. 

"Saya bangga dengan sikap adik-adik mahasiswa Pidie yang memperjuangkan hak-hak secara damai dan tertib. Mari kita duduk di dalam ruang paripurna untuk membahas bersama persoalan yang adik-adik ingin sampaikan," ajak Mahfuddin yang disambut yel-yel peserta aksi.

Dalam kesempatan itu, Kapolres yang ikut bersama Ketua DPRK Pidie, mengajak mahasiswa untuk dapat menyampaikan aspirasi secara tertib dan damai. Pihaknya siap mengawal dan mengamankan penyampaian aspirasi para mahasiswa.

"Kami mengimbau kepada para adik-adik mahasiswa untuk senantiasa menyampaikan aspirasi secara tertib dan damai. Itu semua demi terciptanya keamanan dan kedamaian kita. Kita siap memberi pengamanan kegiatan berjalan tertib dan lancar," imbau Kapolres Pidie.

Di lokasi tersebut, Polres Pidie menyediakan masker gratis bagi peserta demo yang tidak menggunakan masker. Semua itu dilakukan demi terhindar dari paparan Covid-19.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.