25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mahasiswa Demo DPRA Sampaikan Tuntutan Terhadap Presiden Jokowi

...

  • PORTALSATU
  • 12 January 2017 15:15 WIB

@Muhammad Saifullah/portalsatu.com
@Muhammad Saifullah/portalsatu.com

BANDA ACEH - Aliansi Mahasiswa Aceh Peduli Indonesia (AMAPI) menggelar demonstrasi di gedung DPRA, Kamis, 12 Januari 2017, pukul 11.00 WIB.

AMAPI gabungan sejumlah BEM perguruan tinggi dan organisasi mahasiswa di Banda Aceh dan Aceh Besar. Di antaranya, BEM UIN Ar-Raniry, BEM Poltekes Aceh, BEM UUI, KAMMI Aceh, BEM Unmuha, BEM USM, IKPKR, dan STKIP BBG.

Demonstran menuntut DPR RI mengevaluasi kebijakan Presiden Jokowi mengenai kenaikkan harga BBM, mendesak pemerintah mencabut PP No. 60 tahun 2016, menolak kenaikan tarif listrik, dan menolak keberadaan pekerja asing.

Selain teriakan dan “nyanyian” mendesak Presiden Jokowi turun karena dinilai telah gagal, para mahasiswa juga meminta Ketua DPRA turun apabila tidak mampu memperjuangkan aspirasi mereka.

Koordinator aksi, Akmal mengatakan, unjuk rasa ini sebagai bentuk kekecewaan mahasiswa Aceh terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah pusat yang dinilai merugikan rakyat.

"Kami mahasiswa Aceh bersatu menyuarakan bahwa pemerintahan Jokowi telah gagal memimpin dan menyejahterakan rakyat Indonesia," kata Akmal dalam orasinya.

Akmal meminta DPRA menyampaikan aspirasi mahasiswa Aceh kepada pemerintah pusat. "Kepada Plt. Gubernur dan Ketua DPRA agar bersama-sama memperjuangkan aspirasi kami agar pemerintahan Jokowi bisa menerima dan merealisasikan yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," ujarnya.

Ketua DPRA Tgk. Muharuddin saat menemui demonstran, mengatakan, pihaknya mendukung tuntutan mahasiswa. "Saya pikir, saya sepakat dengan adik-adik mahasiswa. Pertama, kita tolak kenaikan harga BBM, tolak kenaikan tarif listrik, tolak kenaikan biaya STNK atau tolak PP No. 60 tahun 2016," katanya.[]

Laporan Muhammad Saifullah

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.