23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mahasiswa Demo saat Anggota DPRK Lhokseumawe Ucap Sumpah, Ini Tuntutannya

...

  • Fazil
  • 10 September 2019 16:30 WIB

Foto: Fazil/portalsatu.com
Foto: Fazil/portalsatu.com

LHOKSEUMAWE – Massa Aliansi Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lhokseumawe menggelar aksi demo saat berlangsungnya rapat paripurna pengambilan sumpah janji 25 anggota DPRK periode 2019-2024. Dalam aksi di depan Gedung DPRK Lhokseumawe itu, Selasa, 10 September 2019, mahasiswa menyampaikan sejumlah tuntutan, di antaranya mendesak dewan memperkuat pengawasan terhadap Pemkot Lhokseumawe, dan mencari solusi konkret untuk mengentaskan kemiskinan.

Mulanya, puluhan mahasiswa itu berkumkul di halaman Masjid Islamic Center Lhokseumawe. Mereka kemudian bergerak ke Tugu Rencong di Simpang Kuta Blang untuk berorasi. Setelah itu, pendemo menuju depan Gedung DPRK Lhokseumawe melanjutkan orasinya secara bergantian.

Mahasiswa lalu disambut Ketua Sementara DPRK Lhokseumawe, Ismail, didampingi dua anggota dewan periode 2019-2024, Suryadi dan T. Sofianus, yang merupakan mantan Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRK masa jabatan 2014-2019.

Koordinator aksi, Muhammad Fadli, mengatakan, pihaknya berunjuk rasa untuk menyampaikan beberapa tuntutan pada momen pengukuhan 25 anggota DPRK Lhokseumawe periode 2019-2024. Tuntutan itu, kata dia, antara lain mendesak pemerintah bersama dewan mencari solusi konkret untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Lhokseumawe.

“Saat ini, masih banyak warga Lhokseumawe yang hidup di bawah kemiskinan. Kondisi ini terjadi karena pemimpim tidak mempedulikan mereka kaum proletariat yang termarjinalkan, mulai dari permasalahan ketimpangan hukum, sosial, ekonomi dan sebagainya. Sehingga Lhokseumawe seperti kota mati tanpa hadirnya seorang pemimpin," kata Fadli kepada wartawan usai aksi itu.

Oleh karena itu, kata Fadli, pihaknya mengingatkan para legislator yang mengucapkan sumpah janji itu agar menyadari bahwa tanggung jawab besar ada di pundak mereka selama lima tahun ke depan.

Adapun tuntutan lainnya disampaikan dalam aksi itu, mahasiswa mendesak pemerintah menegakkan syariat Islam di Kota Lhokseumawe; mendesak kejelasan keberadaan Kota Lhokseumawe pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun. “KEK Arun harus memprioritaskan pekerja dari putra daerah”.

Selain itu, meminta DPRK mendesak Pemkot Lhokseumawe agar mengfungsikan infrastruktur yang terbengkalai; merealisasikan janji kampanye seluruh anggota DPRK Lhokseumawe; mendesak DPRK memperkuat dan mempertegas pengawasan terhadap Pemkot Lhokseumawe.

“(Berikutnya) memerhatikan pemerataan pupuk subsidi di Kota Lhokseumawe; tuntaskan kelangkaan gas di kota yang terkenal dengan sumber daya energinya. Selain itu, DPRK harus mendesak Pemkot agar menciptakan tata kelola kota sesuai dengan Qanun Kota Lhokseumawe Nomor 1 Tahun 2014; menciptakan DPRK Lhokseumawe yang bebas KKN; dan Dana Otsus Kota Lhokseumawe harus dikelola dengan transparan," kata Fadli.

Anggota DPRK Lhokseumawe, T. Sofianus, menyatakan, pihaknya menyambut baik kritikan dan masukan yang disampaikan para mahasiswa yang dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap kinerja dewan ke depan. “Pemerintah Kota Lhokseumawe pun bisa melihat bahwa ini merupakan koreksi dari mahasiswa. Tentu apa yang disampaikan mahasiswa, kita juga akan menyampaikan kepada Pemkot,” ujar mantan Wakil Ketua DPRK itu.

"Artinya, dari sejumlah tuntutan mahasiswa itu akan menjadi catatan kita nantinya, menjadi prioritas kita selama lima tahun ke depan dalam melaksanakan fungsi-fungsi kami sebagai anggota DPRK," kata T. Sofianus alias Pon Cek.

Sebelum mengakhiri aksi tersebut, mahasiswa menyerahkan petisi kepada anggota DPRK Lhokseumawe, yang diteken Ketua Sementara DPRK, Ismail. Dalam petisi itu tertulis fokus utama DPRK terhadap sejumlah tuntutan mahasiswa, antara lain tegakkan syariat Islam, prioritaskan tenaga kerja lokal di KEK Arun, dan pengentasan kemiskinan.

Usai penandatanganan petisi tersebut, mahasiswa menyerahkan “kado berisi perangkap tikus yang di dalamnya ada ikan asin” kepada DPRK Lhokseumawe.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.