23 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Masa Kerja KIP Aceh Utara dan Lhokseumawe Berakhir

...

  • Fazil
  • 08 July 2018 17:30 WIB

Kantor KIP Lhokseumawe. @ist
Kantor KIP Lhokseumawe. @ist

LHOKSEUMAWE - Masa kerja anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara periode 2013-2018 berakhir sejak Kamis, 5 Juli 2018. Sedangkan masa kerja KIP Lhokseumawe berakhir hari ini, Minggu, 8 Juli 2018.

Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani, mengatakan, saat ini KIP Aceh Utara sedang kekosongan komisioner. "Seluruh tahapan (pemilu) dijalankan oleh sekretariat satuan kerja KIP Aceh Utara. Kita belum menerima SK KPU (tentang Pengangkatan Anggota KIP periode 2018-2023), karena sedang dalam proses di KPU RI," ujar Hamdani, dikonfirmasi portalsatu.com, Minggu, 8 Juli 2018, sore.

Sebelumnya, DPRK Aceh Utara menetapkan lima calon anggota KIP periode 2018-2023 dalam sidang paripurna di gedung dewan setempat, 2 Juli 2018. Mereka adalah Zulfikar, S.H., Fauzan Novi, S.Pd., Muhammad Sayuni, S.Kep., M.Kes., Muhammad Usman, S.Pd.I., dan Munzir, S.K.M. (Baca: DPRK Tetapkan Lima Calon Anggota KIP Aceh Utara)

Sekretaris KIP Lhokseumawe, M. Rizal, mengatakan, "KIP sudah berakhir masa tugasnya. Hari ini genap lima tahun masa jabatan anggota KIP Lhokseumawe, tapi SK pemberhentian belum turun dari KPU RI".

Menurut Rizal, informasi ia peroleh, SK KPU RI tentang Pengangkatan Anggota KIP Lhokseumawe periode 2018-2023 akan turun dalam waktu dekat. "Begitu nanti SK-nya sudah turun, tentu Wali Kota Lhokseumawe akan melantik anggota KIP yang baru. Saat ini belum bisa disampaikan kapan kepastiannya, karena sedang menunggu SK dari KPU," kata dia, Minggu sore.

Rizal menyebutkan, pihaknya sudah melaporkan kepada KIP Aceh berkenaan kekosongan komisioner KIP Lhokseumawe. Namun, kata dia, sampai saat ini belum ada petunjuk dari KIP Aceh. "Tetapi masa tenggangnya dipastikan tidak begitu lama, lagi pula SK KPU sedang dalam proses," ujarnya. 

Sebelumnya, DPRK Lhokseumawe sudah menetapkan lima calon anggota KIP periode 2018-2023, beberapa waktu lalu. Mereka adalah Mohd. Tasar, BA., M.A., Mukhtar Yusuf, S.E., Mulyadi, Zainal Bakri, S.Sos., M.Kom.I., dan T. Marbawi.

Sebagaimana diketahui, tugas/kewenangan KIP Aceh saat ini dijalankan oleh KPU RI lantaran Gubernur Aceh belum melantik anggota KIP periode 2018-2023.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, dikonfirmasi portalsatu.com melalui pesan singat, Minggu sore, mengatakan, SK Pengangkatan Anggota KIP Aceh Utara dan KIP Lhokseumawe sudah diterbitkan. "SK sudah ada," kata dia.

Dia menyampaikan jawaban yang sama saat ditanya lagi, kapan dikeluarkan SK KPU untuk anggota KIP Aceh Utara dan KIP Lhokseumawe yang baru. “SK sudah ada,” ujar Ilham Saputra.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.