23 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Masa Pendaftaran Calon Anggota KKR Aceh Diperpanjang?

...

  • ZAHRATIL AINIAH
  • 21 January 2016 19:30 WIB

Ilustrasi. @antaranews.com
Ilustrasi. @antaranews.com

BANDA ACEH - Masa pendaftaran calon anggota Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh berpotensi diperpanjang. Sesuai jadwal ditetapkan sebelumnya, masa pendaftaran atau penerimaan berkas berakhir hari ini, Kamis, 21 Januari 2016. 

“Iya benar hari ini terakhir pendaftaran. Sekarang kami dari tim Pansel sedang memeriksa berkas yang masuk, apa sudah sesuai dengan persyaratan atau tidak. Namun jika banyak yang tidak sesuai, ada peluang dan potensi masa pendaftaran akan diperpanjang,” kata Suraiya Kamaruzzaman, anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota KKR Aceh saat dihubungi portalsatu.com, Kamis.

Suraiya mengatakan, sejumlah kalangan minta Pansel memperpanjang masa pendaftaran karena mereka yang ingin mendaftar belum memahami tentang KKR.

“Belum semua pendaftar paham tentang KKR tersebut dan juga dimintakan kriteria khusus sebagai kandidat (calon) anggota KKR. Sebagiannya mungkin ada yang tidak paham dan tidak punya pengalaman di bidang tersebut. Jadi proses mekanismenya lama sampai empat belas hari masa kerja,” kata Suraiya.

Hingga sekarang, Suraiya mengaku belum bisa mempublikasi nama-nama peserta yang sudah mendaftar. Namun, ia menyebutkan para pendaftar berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti aktivis HAM, akademisi, dan ada juga korban konflik.

“Kami juga melihat indikator dan sisi untuk pengembangan KKR Aceh ke depan. Saat ini kandidat yang telah kami terima berkas sampai hari ini sudah 100 lebih. Lebih kurang sudah 120 orang kandidat,” ujarnya.

Ia mengatakan Pansel KKR Aceh bakal memastikan semua berkas dan dokumen yang telah diterima dalam tiga hari masa kerja. Pansel KKR Aceh ingin memastikan kelengkapan administrasi, kriteria dan syarat yang ditentukan. 

"Misal, salah satunya usia yang ditetapkan sesuai qanun mulai 30 sampai 65 tahun, jika lebih dari itu berarti tidak bisa dan memastikan juga apakah ada pendaftar yang PNS karena syaratnya tidak boleh berstatus PNS,” kata Suraiya Kamaruzzaman.[](bna)

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.