24 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Lhokseumawe
Masa Tenang, Panwaslih: Peserta Pemilu dan Timses Juga Dilarang Kampanye Melalui Medsos

...

  • Fazil
  • 14 April 2019 18:30 WIB

Ilustrasi medsos. Foto: pixaby
Ilustrasi medsos. Foto: pixaby

LHOKSEUMAWE - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Lhokseumawe mengingatkan bahwa peserta pemilu maupun tim suksesnya dilarang berkampanye pada masa tenang, 14 hingga 16 April 2019.

“Kita berharap peserta pemilu maupun tim sukses agar menaati aturan tentang kepemiluan, tidak boleh berkampanye pada masa tenang, termasuk melalui media sosial atau medsos, karena medsos juga salah satu metode kampanye,” kata Ketua Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Panwaslih Lhokseumawe, Sofhia Annisa, kepada wartawan, di sela penertiban alat peraga kampanye (APK), di kota ini, Minggu, 14 April 2019.

Sofhia Annisa menyebutkan, apabila peserta pemilu maupun tim suksesnya melakukan kampanye—termasuk melalui medsos—pada masa tenang, maka dapat dikenakan sanksi pidana pemilu, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

Diberitakan sebelumnya, Satpol PP dan Panwaslih Lhokseumawe melakukan penertiban APK di kawasan kota ini, hari pertama masa tenang pemilu, Minggu, 14 April 2019.

Penertiban APK itu dipimpin Ketua Panwaslih Lhokseumawe, Teuku Zulkarnain, dan Kepala Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe, Irsyadi, didampingi anggota Panwaslih, Sofhia Annisa, dan Muzakir, pihak KIP Lhokseumawe, Panwascam, personel Polres Lhokseumawe, dan sejumlah unsur terkait lainnya.

Sejumlah APK yang terpasang di tepi jalan protokol, pohon, termasuk di persimpangan kawasan kota tersebut, diturunkan. Berbagai jenis APK peserta pemilu tersebut kemudian dikumpulkan oleh anggota Satpol PP ke dalam truk untuk diamankan.

Kepala Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe, Irsyadi, mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti ketentuan perundang-undangan terkait Pemilu 2019. APK peserta pemilu harus ditertibkan saat memasuki masa tenang. "Sejak tadi malam (Minggu, 14 April 2019), sekitar pukul 00.00 WIB, itu sudah tidak dibolehkan lagi adanya kampanye, termasuk alat peraga kampanye tersebut".

"Jadi, karena hari ini kita melihat masih ada APK yang tidak ditertibkan oleh peserta pemilu, sehingga kita (Satpol PP) dan Panwaslih Kota Lhokseumawe melakukan penertiban APK tersebut," kata Irsyadi.(Baca: Masa Tenang, Satpol PP dan Panwaslih Copot Alat Peraga Kampanye)[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.