21 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Masjid di Amsterdam Mulai Kumandangkan Azan

...

  • OKEZONE
  • 15 October 2019 13:00 WIB

Masjid Blauwe di distrik Amsterdam Nieuw West. @inyourpocket.com
Masjid Blauwe di distrik Amsterdam Nieuw West. @inyourpocket.com

Guna menormalkan Islam di Belanda, masjid di Amsterdam mulai mengumandangkan azan. Sebab bagi umat Islam, azan merupakan panggilan untuk melaksanakan kewajiban salat.

Namun ternyata tidak semua negara menyerukan azan pada setiap masjidnya. Bahkan masjid di Amsterdam ini sebelumnya tak pernah mengumandangkan azan.

Masjid Blauwe di distrik Amsterdam Nieuw West di Kota Amsterdam baru berencana mengumandangkan azan dengan menggunakan pengeras suara. Ini menjadi yang pertama di Ibu Kota Belanda untuk mengumandangkan azan dengan pengeras suara.

"Kami tidak berusaha memprovokasi. Kami hanya mencoba untuk menormalkan tradisi Islam," ujar Imam Masjid Blauwe, Yassin Elforkani.

"Orang-orang yang islamofobia menghubungkan kata 'Allahu Akbar' dengan kekerasan akibat adanya terorisme internasional. Namun banyak pengunjung ke masjid kami menyatakanan azan malah menjadi alat untuk membantu meditasi," kata Elforkani.

Langkah ini pertama kali diumumkan di Facebook, ketika para pemimpin masjid mengatakan mereka berharap bahwa panggilan untuk salat akan membantu menormalkan Islam di Kota Amsterdam.

Sebenarnya azan dalam Islam memiliki status hukum yang sama dengan lonceng gereja. Dewan kota memiliki wewenang untuk menentukan batasan.

"Azan dapat berkontribusi pada Islam yang pada akhirnya dianggap normal di Belanda," kata Elforkani. 

Seperti dilansir About Islam, Senin (14/10/2019), muslim di barat tidak dapat mengumandangkan azan untuk panggilan salat. Pihak berwenang berpendapat bahwa panggilan itu akan menyebabkan gangguan kebisingan bagi warga.

Namun pada April 2013, para jamaah di Masjid Fittja di Stockholm selatan mendengar panggilan pertama Swedia untuk salat. Ini merupakan kabar yang menggembirakan.

Islam adalah agama terbesar kedua di Belanda, 4 persen dari populasi perkiraan pada tahun 2010-2011. Sebagian besar umat Islam tinggal di empat kota besar yaitu Amsterdam, Rotterdam, Den Haag, dan Utrecht.

Sejarah awal Islam di Belanda berasal dari abad ke-16 ketika sejumlah pedagang Ottoman Turki mulai menetap di kota-kota pelabuhan. Akhirnya Amsterdam memiliki masjid pertamanya pada awal abad ke-17.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.