14 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Masjid Teubeng Pidie Rusak Akibat Abrasi

...

  • ZAMAH SARI
  • 06 December 2017 11:20 WIB

SIGLI - Bangunan Masjid Baitul Ula, Kemukiman Teubeng, Kecamatan Pidie, mengalami kerusakan setelah longsor akibat abrasi saluran pembuang yang berada bagian belakang masjid, Senin, 4 Desember 2017 sekira pukul 14:30 WIB. Pagar dan tanggul penguat tebing sungai hanyut dibawa air sementara lantai dan bangunan masjid ikut terkikis.

Imum Mukim Teubeng, Kecamatan Pidie, Tgk Syabaini didampingi Geuchik Gampong Dayah Mahdi, kepada portalsatu.com Selasa, 5 Desember 2017 mengatakan, kejadian abrasi akibat saluran pembuang (Coeh) yang berada di pinggir pagar belakang Masjid tidak mampu menampung air setelah hujan deras melanda kawasan itu sepekan terakhir.

“Saluran pembuang ini kecil, sehingga tidak mampu menampung air kiriman dari sungai Baro Raya dan sejumlah gampong lintasan saluran,” kata Mukim, sembari memperlihatkan bangunan yang retak.

Setelah kejadian kemarin, pengakuan Syarbaini, dirinya langsung menghubungi Camat Pidie dan BPBD memohon mengirimkan alat berat  guna membersihkan tanah dan sampah longsor yang sudah menutupi saluran sehingga aliran air tertahan.

“Untung, begitu kami mohon baecho dikrimkan oleh BPBD dan langsung melakukan pembersihan saluran dan aliran air kembali lancar,” kata Syabaini.

Sementara Camat Pidie, Miswar, bersama Kapolsek Iptu Chairil Ansar, dan Danramil Pidie Kapten Kav. Putut Ardiyanto, meninjau lokasi abrasi, Selasa, 5 Desember. Menurut camat, pemerintah kabupaten melalui pihak terkait dapat segera menangani masalah abrasi tersebut mengingat kondisi bangunan sarana ibadah sudah terancam ambruk.

“Ini perlu penangan segera mengingat ada bagian bangunan yang retak akibat abrasi. Jika tidak segera ditanggulangi kita khawatir bangunan akan ambruk,” kata Miswar saat berada di lokasi kejadian.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.