15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Saat Reses di Seunuddon dan Tanah Jambo Aye
Masyarakat Keluhkan Tak Ada Irigasi Hingga Air Bersih, Ini Kata Geuchik Tar DPRA

...

  • PORTALSATU
  • 21 December 2019 16:50 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDA ACEH - Anggota DPR Aceh, Mukhtar Daud alias Geuchik Tar, mengatakan masyarakat di Kemukiman Kuta Piadah, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, mengeluhkan belum adanya jaringan irigasi untuk mengairi sawah mereka.

Keluhan tersebut disampaikan para petani Kemukiman Kuta Piadah kepada Geuchik Tar yang merupakan anggota DPRA Daerah Pemilihan Aceh Utara dan Lhokseumawe saat melakukan reses di kawasan itu, Jumat malam kemarin. Di Kemukiman Kuta Piadah terdapat tujuh gampong, yaitu Sagoe, Matang Puntong, Matang Panyang, Jeulikat, Cot Trueung, Darul Aman, dan Cot Patisah.

“Kemukiman tersebut memiliki ribuan hektare sawah, sayangnya tidak tersedia jaringan irigasi sehingga sawah tidak dapat digarap secara maksimal. Ada yang menggarap, tetapi hasil panen tidak mencapai target, karena sawah kekurangan air,” ujar Geuchik Tar kepada portalsatu.com, Sabtu, 21 Desember 2019.

Geuchik Tar menyatakan akan memperjuangkan kepada Pemerintah Aceh terkait kebutuhan petani itu. “Kalau pembangunan irigasi mungkin membutuhkan waktu lama, maka petani berharap pemerintah mengadakan pompa air berkapasitas tinggi, sehingga masyarakat bisa becocok tanam padi di sawah mereka,” tuturnya.

“Dan petani juga membutuhkan traktor tangan untuk menggarap sawah itu,” ujar Geuchik Tar.

Persoalan lainnya dilaporkan para petani kepada Geuchik Tar terkait kelangkaan pupuk subsidi di Aceh Utara terjadi saban tahun. “Ini juga sangat disayangkan, karena pupuk itu kebutuhan pokok untuk petani. Masalah ini akan saya perjuangkan agar ke depan pemerintah mencari solusi,” ucap anggota DPRA itu.

Masih di Kemukiman Kuta Piadah, Kecamatan Seunuddon, warga setempat juga mengeluhkan tidak dapat memfungsikan tambaknya secara maksimal. “Sebab air laut tidak bisa dialirkan ke tambak karena Pantai Kuala Langa Batang dangkal. Ini persoalan di sektor perikanan,” kata Geuchik Tar.

“Sedangkan di sektor kelautan, nelayan mengeluhkan minimnya alat tangkap, sehingga hasil tangkapan ikan di laut juga tidak maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, hasil pertemuan Geuchik Tar dengan masyarakat di Kemukiman Jambo Aye Selatan, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, mereka mengharapkan pemerintah memprioritaskan pembangunan jaringan air bersih. Sebab, kata dia, ribuan penduduk daerah itu sulit mendapatkan air bersih lantaran belum tersambung dengan jaringan pipa PDAM Tirta Mon Pase.

“Ini juga akan saya perjuangkan sebagaimana harapan masyarakat. Supaya mereka dapat menikmati air bersih. Artinya, mereka juga harus merdeka,” ucap Geuchik Tar.[]

Penulis: Khairul Anwar 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.