25 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Membelah Tanduk Benua 45 kilometer, Mega Proyek Terusan Istanbul

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 31 December 2019 12:33 WIB

Menteri Lingkungan Hidup Turki Murat Kurum. @Anadolu Agency
Menteri Lingkungan Hidup Turki Murat Kurum. @Anadolu Agency

DENIZLI, Turki - Menteri Lingkungan Hidup Turki mengatakan bahwa Terusan Istanbul akan menjadikan Turki negara terkemuka dan menempatkannya pada posisi terdepan dalam perdagangan global.

"Terusan Istanbul adalah proyek perlindungan dan penyelamatan Bosphorus, proyek kebebasan Bosphorus," kata Murat Kurum pada pertemuan partai lokal di Provinsi Denizli, Sabtu.

Pembangunan terusan bertujuan untuk mendukung kelancaran lalu lintas pengiriman antara Laut Hitam dan Laut Marmara, khususnya lalu lintas kapal tanker minyak, melalui Selat Bosphorus.

Terusan itu merupakan proyek besar paling strategis di Turki dan direncanakan mampu menghapus peningkatan risiko yang ditimbulkan oleh kapal pembawa barang berbahaya melalui Selat Bosphorus.

Kurum menyoroti kasus kapal kargo berbendera Liberia, Songa Iridium, yang terdampar di Selat Bosphorus, Istanbul, pada Jumat.

Dia mengatakan kapal itu bisa saja memuat bahan berbahaya yang akan mengarah pada bencana yang lebih besar.

"Bisa jadi itu adalah kapal yang sarat dengan minyak atau bahan kimia. Dalam hal ini, dimensi bencana akan jauh lebih buruk. Karena itu, proyek Terusan Istanbul sangat penting bagi negara kita," ujar Kurum. 

Terusan sepanjang 45 kilometer yang akan dibangun di sebelah barat pusat kota di sisi Eropa Provinsi Istanbul itu akan meningkatkan kapasitas lalu lintas menjadi 160 kapal per hari.[]Sumber:anadolu agency

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.