21 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Di Aceh Utara
Mendaftar Bacaleg, 45 Geuchik dan Imum Mukim Mengundurkan Diri

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 10 August 2018 17:35 WIB

@istimewa
@istimewa

LHOKSUKON - Sebanyak 45 geuchik dan imum mukim di Aceh Utara mengundurkan diri dari jabatannya karena memilih mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota legislative Pemilu 2019. 

Geuchik dan imum mukim itu berasal dari Kecamatan Baktiya, Dewantara, Lhoksukon, Matangkuli, Muara Batu, Meurah Mulia, Samudera, Seunuddon, Syamtalira Bayu, Tanah Luas, Tanah Pasir, Tanah Jambo Aye, Sawang, Cot Girek, Langkahan, Baktiya Barat, Paya Bakong, Nibong, Geureudong Pase dan Nisam Antara. 

"Ada 32 geuchik dan 13 imum mukim yang mengundurkan diri karena mendaftar sebagai calon anggota dewan. Untuk namanya bisa dilihat di daftar tersebut," ujar Kabag Pemerintahan Gampong dan Mukim Setda Aceh Utara, Safrizal, dihubungi portalsatu.com, Jumat, 10 Agustus 2018, sore.

Safrizal menyebutkan, setelah pengunduran diri geuchik, Pemkab Aceh Utara langsung menunjuk Pelaksana Tugas (Plt.) geuchik. "Untuk gampong yang memiliki Sekdes (berstatus) PNS, maka itulah Plt., yang ditunjuk. Sementara gampong yang tidak memiliki Sekdes, maka Plt. geuchik adalah salah satu pegawai di kantor camat setempat. Semua Plt. geuchik sudah ditunjuk, tinggal tunggu pelantikannya," ungkap Safrizal. 

"Setiap surat keterangan yang saya keluarkan dan SK dalam proses, maka imum mukim yang sudah mengundurkan diri itu tidak bisa lagi menjadi imum mukim. Hal itu juga berlaku untuk geuchik. Jadi, meskipun mungkin ada yang juga mengundurkan diri dari caleg setelah sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan geuchik dan imum mukim, maka tidak bisa lagi menjadi geuchik dan imum mukim," tegas Safrizal.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.