11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mengenang 10 Tahun Hasan Tiro Berpulang, Ratusan Warga Larut dalam Doa di Pidie

...

  • ZAMAH SARI
  • 03 June 2020 18:00 WIB

Para jamaah sedang tahlilan pada peringatan 10 tahun Hasan Tiro berpulang. Foto: Zamah Sari
Para jamaah sedang tahlilan pada peringatan 10 tahun Hasan Tiro berpulang. Foto: Zamah Sari

SIGLI - Peringatan 10 tahun berpulangnya sang Deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wali Nanggroe Aceh, Tgk. H. Hasan Muhammad Di Tiro, 3 Juni 2010 silam, masyarakat Pidie gelar tahlilan dan samadiah, Rabu, 3 Juni 2020.

Kegiatan diprakarsai Komite Peralihan Aceh (KPA)  Wilayah Pidie itu dipusatkan di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA) Pidie, Jalan Lingkar, Gampong Keunire, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, pukul 14:30 WIB hingga selesai. 

Sekitar 300 tokoh yang terdiri mantan petinggi kombatan GAM eks-Tripoli dan mantan tentara GAM beserta tokoh agama, tokoh masyarakat larut dalam doa dipimpin Tgk. Abubakar Barieih. 

(Ketua PA Wilayah Pidie, H. Sarjani Abdullah bersama para tokoh masyarakat seusai doa bersama. Foto: Zamah Sari)

Sejumlah tokoh KPA dan PA seperti mantan Panglima GAM Wilayah Pidie yang juga Ketua PA Kabupaten Pidie, H. Sarjani Abdullah, Ketua KPA Wilayah Pidie,  Bakhtiar Abdullah (Madon), Ketua DPRK Pidie,  Mahfudin Ismail, mantan Ketua KPA, Tgk. Muhammad,  mantan Ketua DPRK dua periode, Muhammad (Marinir) dan mantan Anggota DPR Aceh,  Tgk. M. Harun. Selain itu terlihat mantan Wakil Bupati Pidie, M. Iriawan, serta para anggota DPRK Pidie Fraksi PA. 

Dalam kesempatan itu, Sarjani Abdullah mengatakan,  peringatan berpulangnya Wali Negara Hasan Tiro merupakan agenda tahunan setiap tanggal 3 Juni.  "Sebagai bentuk mengenang jasa dan mengirim doa untuk Wali Tgk  H. Hasan Muhammad Di Tiro agar Allah SWT menempatkan almarhum di tempat yang layak," kata Sarjani Abdullah. 

Biasanya kegiatan itu, menurut alumni pendidikan militer Tripoli ini, dilaksanakan di masjid. Namun, kali ini digelar di Kantor PA lantaran suasana wabah Covid-19 yang melanda negara - negara di dunia termasuk Indonesia. Meski digelar secara sederhana di kantor PA, tapi tidak mengurangi kekusyukan jemaah yang larut dalam doa. 

"Tidak terasa, sudah 10 tahun wali meninggalkan kita semua. Masih belum tercapai cita - cita beliau untuk menyejahterakan rakyat.  Semoga kita semua tetap bersatu dalam rangka memperjuangkan kesejahteraan rakyat secara damai dengan sikap tetap menjaga perjanjian damai yang telah ditandatangani di Helsinki," ujarnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.