05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Meski Sudah Minta Dihentikan, Susi Air Masih Layani Penerbangan ke Gayo Lues

...

  • Win Porang
  • 03 April 2020 15:30 WIB

Pesawat perintis dari maskapai Susi Air di Bandara Patiambang, Gayo Lues [Foto: Win Porang]
Pesawat perintis dari maskapai Susi Air di Bandara Patiambang, Gayo Lues [Foto: Win Porang]

Susi Air masih melayani rute penerbangan ke Bandara Pati Ambang, Gayo Lues karena usulan penghentian sementara penerbangan masih dikaji oleh pemerintah pusat.

BLANGKEJEREN -- Pemerintah Kabupaten Gayo Lues sudah mengusulkan ke pemerintah untuk menutup rute penerbangan ke Bandar Udara (Bandara) Pati Ambang beberapa waktu lalu demi mencegah wabah Coronavirus Disease-2019 (Covid-19). Tapi hingga kemarin pesawat perintis Susi Air masih melayani rute penerbangan ke negeri seribu bukit tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Gayo Lues, Noval membenarkan sampai Kamis, 2 April 2020 armada pesawat perintis Susi Air masih melayani rute penerbangan ke Pati Ambang, karena usulan penghentian sementara penerbangan ke daerah tersebut masih dikaji oleh pemerintah pusat.

"Surat kita masih dikaji, apakah dihentikan atau tetap seperti biasa, karena penghentian penerbangan mutlak kewenangan Menteri Perhubungan, sebelum keluar izin dari Menteri, maka penerbangan masih tetap seperti biasanya," katanya.

Noval menambahkan, pesawat dengan rute dari Bandara Internasional Kuala Namu Sumatera Utara ke Bandara Patiambang Gayo Lues dan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar serta sebaliknya masih tetap melayani penerbangan seperti biasa.

"Semula kita berharap bisa langsung dihentikan penerbangan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Otoritas Bandara Wilayah II KNO, ternyata tidak bisa, mereka mengatakan harus izin dari Menteri," jelasnya.

Pemkab Gayo Lues sendiri kata Kadis Perhubungan sudah berkirim surat dengan Menteri Perhubungan terkait permintaan penghentian sementara penerbangan ke Gayo Lues tanggal 27 Maret 2020 lalu, tapi hingga kini belum ada jawaban. [**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.