21 February 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mualem Jadi Calon Terkuat dari 6 Bakal Calon Ketua Umum PA

...

  • TAUFAN MUSTAFA
  • 12 February 2018 17:20 WIB

Ketua Mubes PA 2018, Tgk Muharuddin, pada acara Maulid Nabi Muhammad di Amel Convention, Senin 12 Februari 2018. @TAUFAN MUSTAFA
Ketua Mubes PA 2018, Tgk Muharuddin, pada acara Maulid Nabi Muhammad di Amel Convention, Senin 12 Februari 2018. @TAUFAN MUSTAFA

BANDA ACEH - Tujuh nama yang ingin maju sebagai bakal calon Ketua Umum Partai Aceh (PA) telah mengambil formulir. Lima di antaranya sudah mengisi dan menyerahkan kembali formulir tersebut kepada panitia. 

Ketua Panitia Mubes PA, Tgk. Muharuddin, mengatakan, dari tujuh orang yang mengambil formulir, lima di antaranya sudah mengembalikan ke pihaknya, yaitu Dr. Mariati, Muzakir Manaf (Mualem), Roni Ahmad (Abusyik), Sarjani Abdullah, dan Kamaruddin Abubakar (Abu Razak). Menurutnya, Mubes PA akan dibuka nanti malam. Selanjutnya panitia akan melihat kondisi besok, apakah selesai pada malamnya atau sampai hari Rabu. Direncanakan, penutupan Mubes tersebut paling telat hari Rabu.

"Untuk proses pemilihannya itu tergantung forum, yang nanti menentukan apakah dilakukan secara demokrasi atau forum menginginkan secara aklamasi, tergantung kesepakatan forum nanti. Anggota forum merupakan seluruh utusan dari masing-masing wilayah, delegasi dari unsur PA, KPA, MUNA, Putroe Aceh, dan utusan Tripoli. Pokoknya tujuh orang dari masing-masing wilayah yang ada di 23 kabupaten/kota di Aceh, ditambah tiga wilayah khusus, Deli, Langkat, dan Asahan," kata Tgk. Muharuddin, usai acara Maulid Nabi Muhammad di Amel Convention, Senin, 12 Februari 2018.

Panitia Pengarah (SC) Mubes PA, Kamaruddin Abubakar akrab disapa Abu Razak, mengatakan, untuk pengambilan formulir pendaftaran bakal calon sudah ditutup tadi malam. Menurutnya, yang mengambil formulir bakal calon Ketua Umum PA ada tujuh orang. Lima di antaranya sudah menyerahkan kembali formulir kepada panitia yaitu Mualem, Dr. Maryati, Roni Ahmad, Abu Razak, dan Sarjani Abdullah. Sementara Abu Yus dan Azhar Abdurahman belum mengembalikan formulir.

"Calon terkuat pada Mubes ini adalah Mualem, walaupun saya ikut bursa calon, kalau calon terkuat incambent lah," kata Abu Razak. 

Terkait peta kekuatan di daerah, Abu Razak yang masuk sebagai bakal calon menyebutkan, tidak melakukan lobi-lobi apapun ke daerah. Ia mengatakan, dirinya tidak ada lobi-lobi apapun, karena yang paling penting Mubes ke-2 PA berjalan sukses dan menjadi terbaik.

"Tentang cara pemilihan ketua umum, apakah akan dilakukan secara demokrasi atau aklamasi, hal itu nanti keputusan tertinggi pada anggota Mubes, saya tidak mau bicara itu, dalam pemilihan tertutup atau terbuka itu juga keputusan mereka," katanya. 

Ia tambahkan, yang belum mengembalikan formulir sampai malam ini masih diterima. “Formulir isian saja, mungkin saja sudah di-WhatsApp. Hal itu tidak ada masalah, tapi untuk pendaftar baru tidak ada lagi,” ujar Abu Razak. 

"Dalam pemilihan calon ketua umum nanti dibuka untuk siapa saja, pemilihan ini terbuka, siapa saja boleh mencalonkan diri, dari mana saja boleh, dari Gayo juga bisa, tapi dari Gayo tidak ada yang mendaftar, yang penting PA ini harus solid," katanya. 

Saat portalsatu.com mencoba mewawancarai Azhar Abdurrahman yang masuk sebagai bakal calon ketua umum partai tersebut, ia enggan memberikan tanggapannya.

Amatan portalsatu.com, ratusan nasi kotak dipersiapkan oleh panitia maulid untuk para tamu undangan. Turut hadir pada acara maulid yang digelar PA tersebut yaitu Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud, Apa Karya, Darwis Jeunieb, Mualem, Hamid Zain, Sarjani, Abdullah Saleh, dan Iskandar Al-Farlaki.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.