19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Museum Islam Samudra Pasai Gelar Lomba Presentasi dan Storyline Koleksi

...

  • PORTALSATU
  • 11 November 2020 14:30 WIB

Foto: dok. Museum Islam Samudra Pasai
Foto: dok. Museum Islam Samudra Pasai

LHOKSUKON –  Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, sudah melaksanakan lomba presentasi dan storyline koleksi museum itu, Sabtu, 7 November 2020.

“Kedua lomba ini juga bertujuan untuk penguatan karakter anak didik kita (pelajar Aceh Utara) dari sisi literasi. Bagaimana dia mendeskripsikan salah satu koleksi museum kita kemudian dia presentasikan,” ujar Kepala Museum Islam Samudra Pasai, Nurliana NA., Senin, 10 November 2020.

Nurliana menjelaskan, pendaftar lomba presentasi koleksi Museum Islam Samudra Pasai mencapai 121 orang umur 13 - 19 tahun atau pelajar SMP. Dari jumlah itu, yang mengirimkan narasi 85 peserta. Hasil seleksi, lolos 23 narasi. Misalnya, peserta menjelaskan salah satu koleksi museum itu tentang kegunaannya, dari mana asalnya, dan terbuat dari apa.

“Boleh dipresentasikan seperti apa dia mengerti satu koleksi itu, penjelasannya tidak harus beralur. Misalnya, pertama di mana didapat alat ini, kemudian kapan didapat. Yang tidak boleh, setelah menjelaskan when, lalu where, terus when lagi. Ke-23 peserta itu telah melakukan presentasi, kita akan pilih enam besar,” tutur Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara ini.

Sedangkan lomba storyline koleksi museum itu pesertanya usia 17 - 24 tahun, rata-rata merupakan pelajar SMA. Pendaftar 33 orang, yang mengirim narasi tabel hanya 11 peserta. “Karena ini hal baru di Aceh Utara, belum pernah dibuat lomba ini di Museum Aceh. Saya memberanikan diri membuat lomba ini karena ingin anak-anak kita cerdas. Kita bisa tahu sekarang, yang mampu membuat storyline koleksi museum itu hanya 11 pelajar tingkat SMA, tidak apa-apa,” kata Nurliana.

Menurut Nurliana, narasi tabel koleksi museum misalnya mengisahkan sejarah rencong. Bahan bakunya apa saja, proses pembuatannya bagaimana, dan digunakan untuk apa rencong itu. “Storyline harus secara sistemastis sehingga kita tahu alurnya. Peserta memilah tiga fase salah satu koleksi museum kita, fase awal, pertengahan, dan akhir. Misalnya, sejarah Rapai Pase, apa saja bahannya, proses membuat rapai itu bagaimana, kegunaan dan cara memainkannya. 11 peserta sudah perform, kita akan pilih enam besar,” ujarnya.

Namun, panitia lomba presentasi dan storyline koleksi Museum Islam Samudra Pasai menunda pengumuman enam besar sampai 23 November. “Karena kita ingin lihat kembali video presentasi satu persatu,” ucap Nurliana.

Adapun pengumuman juara I, II dan III serta penyerahan hadiah akan dilaksanakan di Museum Islam Samudra Pasai, 26 November. “Pembagian hadiah sekalian dengan lomba mewarnai dan menggambar koleksi museum,” pungkasnya.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.