20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Muslim di India Dilarang Talak Tiga Istri, Bisa Dibui Tiga Tahun

...

  • DREAM
  • 20 September 2018 21:00 WIB

Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)
Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)

Pemerintah India resmi melarang para suami Muslim menjatuhkan talak tiga. Jika masih dijalankan, para suami dapat dijatuhi hukuman.

Dalam undang-undang yang baru disahkan, Rabu kemarin, para suami yang menceraikan istrinya melalui talak tiga terancam hukuman penjara selama tiga tahun juga denda.

Dikutip dari Aljazeera, larangan yang digagas oleh Perdana Menteri Narendra Modi ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap para wanita Muslim.

Ketentuan ini sebelumnya begitu sulit disahkan. Partai oposisi kerap melancarkan kritikan terkait ketatnya prosedur di RUU tersebut.

Tahun lalu, Mahkamah Agung India juga melarang praktik talak tiga yang masih diterapkan beberapa masyarakat Muslim India. Praktik tersebut dinyatakan inkonstitusional.

Larangan karena terpaksa

Terkait larangan ini, Menteri Hukum dan Keadilan India, Ravi Shankar Prasad, memberikan penjelasan pemerintah terpaksa mengeluarkan larangan ini. Sebab, praktik talak tiga tetap saja terjadi meski Mahkamah Agung sudah melarangnya.

Menurut Ravi, polisi dapat bertindak melakukan penangkapan jika korban atau keluarganya mengajukan laporan. Sedangkan dakwaan bisa dijatuhkan setelah pengadilan mendengar keterangan dari wanita yang diceraikan.

Meski demikian, larangan ini dianggap sebagai keputusan yang buruk. Banyak yang mempertanyakan niat pemerintah yang menyatakan persoalan perceraian menjadi kasus pidana. Terlebih, larangan ini terkesan berlaku khusus. Hanya mengikat para suami Muslim.

"Pengaruh pada wanita antara talak tiga (Islam) dengan pengabaian istri (Hindu) adalah sama. Banyak pria, baik Hindu maupun Muslim, yang meninggalkan istri-istrinya. Mengapa mereka (pria Hindu) tidak dikriminalisasi?" kata pengacara dan aktivis hak perempuan India Flavia Agnes.

Praktik talak tiga sudah dilarang di beberapa negara seperti Turki, Qatar, Pakistan, dan Arab Saudi. Perceraian bisa terjadi hanya lewat pengadilan.

Reporter : Ahmad Baiquni.[] Sumber: dream.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.