19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Naik Perahu ke Kebun Petani, Bintang Pantau Jagung Terendam Banjir

...

  • SUDIRMAN
  • 23 November 2020 16:15 WIB

Foto: Sudirman/portalsatu.com
Foto: Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E., memantau langsung kondisi tanaman jagung terendam banjir di sejumlah desa di Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam setelah meluapnya Lae (Sungai) Souraya beberapa hari terakhir akibat banjir kiriman dari Aceh Tenggara.

Dilaporkan ada ratusan hektare tanaman jagung terendam banjir tersebar di 17 desa di Kecamatan Rundeng terancam gagal panen karena usia jagung baru sekitar dua Minggu. Ketinggian air terus meluap di bantaran Lae Souraya merembet ke kebun-kebun petani sehingga menenggelamkan jagung yang baru saja siap tanam.

Selain itu, tanaman jagung milik petani sebelumnya yang berusia sekitar tiga bulan juga terendam banjir. Akibatnya terpaksa dipanen lebih awal saat kondisi buah tidak maksimal karena belum saatnya panen.

Banjir yang melanda wilayah bantaran Lae Souraya menyebabkan petani di sana meradang akibat tidak bisa panen maksimal. Begitu juga jagung yang baru saja ditanam hampir dipastikan gagal panen setelah terendam banjir hingga sampai ke pucuk.

Pantauan portalsatu.com, Senin, 23 November 2020 banjir melanda wilayah perkebunan di Rundeng cukup parah tercatat 17 desa  terendam banjir yakni Kampong Binanga, Oboh, Kuta Beringin, Siperkas, Belukur, Muara Batu-batu, Rundeng, Panglima Sahman, Sibungke,  Sibuasan, Dah, Lae Mate, Tualang, Tanah Tumbuh, Harapan Baru,  Suak Jampak dan Mendilam.

Dari sejumlah desa yang terendam banjir, Wali Kota Affan Alfian Bintang bersama rombongan meninjau tanaman jagung di Desa Binanga menggunakan perahu kayu untuk melihat kondisi tanaman jagung terendam banjir.

Wilayah tersebut termasuk daratan tinggi yang terendam banjir tidak begitu dalam sehingga masih bisa menuju ke lokasi. Sedangkan beberapa lokasi kebun lainnya banjir sudah terlalu dalam sehingga rombongan tidak bisa mencapai ke lokasi.

"Ini lokasi agak tinggi kita masih bisa memantau sampai ke lokasi. Kalau tempat lain sudah dalam kali," kata Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan dan Perikanan Kota Subulussalam, Herwinsyah Putra didampingi Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Rundeng, Indra Gunawan dan Camat Faisal saat mendampingi Wali Kota Affan Alfian Bintang meninjau lokasi kebun jagung yang terendam banjir.

Affan Alfian Bintang juga menemui sejumlah petani yang sedang berada di kebun yang sedang dilanda banjir. Ketiganya nenek-nenek berusia lanjut (lansia) sedang duduk di gubuk membersihkan jagung yang baru saja dipanen lebih awal karena terdampak banjir.

Meski sudah memasuki lansia mereka tetap bertani untuk memenuhi kehidupan hidup sehari-hari. Ketiga perempuan tangguh tersebut yakni Asrah Pasaribu (65), Dukak (68) dan Kasumah (70).

Setiba di pondok tersebut, Affan Alfian Bintang menghampiri mereka meminta bersabar atas musibah banjir melanda kebun mereka sehingga tidak bisa panen maksimal.

Sebelum meninggalkan lokasi, suami Hj. Mariani Harahap ini terlihat mengambil sejumlah uang di sakunya diberikan kepada ketiga nenek-nenek tersebut untuk membantu kebutuhan dapur, apalagi omset mereka menurun setelah kebun jagung terendam banjir kiriman dari Aceh Tenggara.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.