23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Nelayan Keluhkan Tumpahan Batu Bara di Pesisir Pantai Aceh Barat

...

  • ANTARA
  • 07 September 2019 17:30 WIB

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Barat meninjau limbah batu bara yang mencemari pantai di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureuboe, Aceh Barat, Senin (2/9/2019). (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Barat meninjau limbah batu bara yang mencemari pantai di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureuboe, Aceh Barat, Senin (2/9/2019). (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

MEULABOH - Tumpahan material batu bara di pantai di kawasan Desa Peunaga Pasi dan Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat hingga kini masih meresahkan masyarakat di wilayah itu.

"Masyarakat berharap tumpahan batu bara dari laut tersebut agar secepatnya dibersihkan, sehingga tidak berdampak terhadap aktivitas nelayan," kata Yulfermas Mirizal, tokoh pemuda Desa Peunaga Pasi, Meureubo,  di Meulaboh, Aceh, Sabtu, 7 September 2019.

Menurutnya, dampak dari tumpahan material tambang tersebut kini menyebabkan nelayan dan warga yang biasanya mencari ikan di laut menjadi terganggu karena banyaknya batu bara di pesisir pantai.

Selama ini, lanjutnya, sebagian besar masyarakat di daerah ini mengandalkan laut sebagai sumber mata pencaharian, sumber pendapatan keluarga, dan ekonomi sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat, Mulyadi, mengatakan pihaknya sudah menyurati sejumlah perusahaan yang menggunakan tambang batu bara, agar segera dilakukan pembersihan.

Menurutnya, dampak dari tumpahan material batu bara tersebut diakui sangat dikeluhkan oleh masyarakat karena mengganggu aktivitas warga dan dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap kelestarian lingkungan, serta biota laut.

"Tumpahan material batu bara ini belum kami ketahui milik perusahaan mana, tetapi kami berharap agar secepatnya diatasi dan dilakukan pembersihan," kata Mulyadi.

Reporter: Teuku Dedi Iskandar.[]Sumberantaranews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.