21 February 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Nelayan Tangkap Buaya Raksasa di Aceh Timur 

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 13 February 2018 21:01 WIB

LHOKSEUMAWE - Nelayan berhasil menangkap seekor buaya di kawasan Kuala Malehan, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur, Selasa, 13 Februari 2018 sekitar pukul 10.00 WIB. Buaya yang diperkirakan berukuran lebih kurang lima meter ini pertama kali dilihat oleh para pemancing di Krueng Arakundo sekitar pukul 04.00 WIB.

Penangkapan reptil raksasa ini turut dibantu seorang pawang buaya, Ruslan. Buaya tersebut akhirnya berhasil ditangkap dan kemudian ditarik ke Gampong Lhok Seuntang menggunakan perahu nelayan sekitar pukul 10.00 WIB.

"Setelah berhasil ditangkap, buaya ditarik dengan boat ke Gampong Lhok Seuntang yang berjarak beberapa ratus meter dari lokasi penangkapan," kata Kapolsek Julok, Ipda Eko Hadianto kepada portalsatu.com.

Petugas kepolisian yang mendapat informasi adanya buaya ini langsung menuju ke lokasi. Nelayan setempat telah melihat hewan predator ini sejak lima bulan lalu di kawasan muara dan pesisir pantai sekitar Julok.

Eko menganjurkan agar warga menyerahkan buaya tersebut kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), supaya bisa dikembalikan ke habitatnya. Namun, menurut Eko, warga enggan menyerahkan hewan yang dilindungi itu ke petugas. 

"Warga meminta sedikit jerih karena telah bersusah payah menangkap (buaya)," kata Eko.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala BKSD Aceh, Sapto Aji Prabowo. Dia telah menugaskan petugas untuk mengamankan buaya tersebut, tetapi terkendala permintaan biaya.

"Buaya masih di tangan warga. Saat ini petugas kita sedang berupaya agar warga bisa menyerahkan buaya ke petugas untuk diamankan," kata Sapto.

Pengakuan serupa juga disampaikan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh, Dedi Irfansyah. Walaupun demikian, dia memastikan buaya tersebut masih dalam kondisi sehat dan ditempatkan di lokasi aman.

Berdasarkan pemeriksaan petugas BKSDA, buaya ini memiliki panjang 4,80 meter, lebar 60 cm, dengan bobot mencapai 600 Kilogram. Petugas memperkirakan usia buaya ini telah mencapai 70 tahun jika melihat kondisi gigi yang sudah copot.

"Kita belum memastikan apakah buaya itu merupakan buaya yang sama yang terlihat warga di perairan Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Karena di Aceh Timur ada habitat buaya, sedangkan di Aceh Utara tidak ada. Saat ini kita juga masih memonitor keberadaan buaya di Aceh Utara," katanya.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.