25 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pak Plt. Gubernur, Anggota BPSK Aceh Utara Berharap Segera Dilantik

...

  • PORTALSATU
  • 18 January 2020 14:00 WIB

Ilustrasi pelantikan. Foto istimewa/net
Ilustrasi pelantikan. Foto istimewa/net

LHOKSEUMAWE – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh sudah mengumumkan sembilan nama anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Aceh Utara periode 2019-2024 terpilih, beberapa bulan lalu. Anggota BPSK itu berharap segera dilantik oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Sampai saat ini belum ada kabar, kapan akan dilantik. Kita berharap segera dilantik agar dapat menjalankan tugas sebagaimana amanah peraturan perundangan berlaku,” ujar salah seorang anggota BPSK Aceh Utara terpilih yang minta namanya tidak disebutkan kepada portalsatu.com, 17 Januari 2020, sore.  

Untuk diketahui, Disperindag Aceh melalui laman resmi Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) itu, 9 Agustus 2019 lalu, telah mengumumkan sembilan nama calon anggota BPSK Kabupaten Aceh Utara periode 2019-2024 lulus seleksi wawancara/uji kelayakan dan kepatutan. Sembilan anggota BPSK Aceh Utara terpilih itu dari unsur pemerintah, konsumen, dan pelaku usaha masing-masing tiga orang.

 

 

Pembentukan BPSK tersebut mengacu pasal 49 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/2/2017 tentang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, pasal 18 ayat (1) menyebutkan, Pengangkatan dan pemberhentian anggota BPSK ditetapkan oleh Menteri. Ayat (2): Sebelum melaksanakan tugas, anggota BPSK dilantik dan diambil sumpah oleh Menteri. Ayat (3): Menteri mendelegasikan kewenangan untuk melantik dan mengambil sumpah anggota BPSK sebagaimana dimaksud pada ayat (2) kepada Gubernur. Ayat (4): Gubernur sebagaimana dimaksud pada ayat (3) harus melantik dan mengambil sumpah anggota BPSK paling lama 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak diterimanya penetapan Menteri sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Plt. Kepala Disperindag Aceh, Muslem Yakob, dikonfirmasi portalsatu.com lewat pesan WhatsApp, 18 Januari 2020, mengapa sembilan anggota BPSK Aceh Utara periode 2019-2024 belum dilantik, mengatakan, “Sudah diajukan ke Pak Plt. Gubenur, dan menunggu jadwal Bapak Plt. Gubernur”.

Muslem menyarankan agar penjelasan lebih lanjut dikonfirmasi kepada Kasi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PM PKTN) Disperindag Aceh, Rosalia.

“Sesuai dengan Permendag No. 6 Tahun 2017, pasal 18 ayat 2 dan 3 tercantum bahwa Menteri mendelegasikan pelantikan anggota BPSK kepda Gubernur. Kami sudah membuat telaahan staf kepada Bapak Plt. Gubernur Aceh untuk meminta arahan serta waktu beliau dalam hal pelantikan anggota BPSK dimaksud, dan sampai saat ini kami masih menunggu arahan dan berkenan waktu beliau,” kata Rosalia melalui pesan WA.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.