20 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Panwascam Lantik PAW PPG
Panwaslih Aceh Utara: Pengawas Pemilu Tingkat Gampong Awasi Praktik Politik Uang

...

  • Fazil
  • 12 January 2019 08:00 WIB

@Fazil
@Fazil

ACEH UTARA - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Meurah Mulia melantikan salah seorang Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Panitia Pengawas Gampong (PPG), di Kantor Panwascam setempat, Jumat, 11 Januari 2019.

Anggota PPG Gampong Pulo Bluek, Kecamatan Meurah Mulia, yang dilantik tersebut, Abdul Mulyadi menggantikan Martunis. Sebelumnya Martunis diberhentikan dengan pertimbangan bahwa ia sudah mendapat kesibukan lain. Pelantikan itu dilakukan oleh Ketua Panwascam Meurah Mulia, Fakhruddin, disaksikan anggota Panwascam, Muhammad, Muzakir, dan Komisioner Panwaslih Aceh Utara, Zulkarnaini, serta dihadiri pihak Muspika setempat.

Ketua Panwascam Meurah Mulia, Fakhruddin, mengatakan, pihaknya berharap kepada anggota PPG yang dilantik dapat segera bekerja dengan mengawasi jalannya tahapan pemilu khususnya di tingkat gampong. PAW itu dilakukan karena salah satu anggota sudah mendapat kesibukan lain sehingga harus segera dicari anggota pengganti untuk kelancaran pelaksanaan tugas khususnya di Gampong Pulo Bluek tersebut.

"PPG yang baru dilantik itu harus segera menyesuaikan dengan tugas-tugas pengawasan tahapan pemilu, dan terlebih tahapan pemilu saat ini sedang berjalan. Diamanahkan supaya menunjukan integritas diri dalam melaksanakan tugas pengawasan pemilu di tingkat gampong," kata Fakhruddin, kepada portalsatum.com, Jumat, 11 Januari 2019.

Komisioner Panwaslih Aceh Utara, Zulkarnaini, menyebutkan, anggota PAW PPG yang sudah diambil sumpahnya itu diharapkan dapat bekerja dengan menunjukkan integritas yang tinggi. Selain itu, juga harus melakukan pemantauan, misalkan seperti terjadinya politik uang baik di gampong maupun kecamatan, dan saling berkoordinasi dengan berbagai stakeholder.

"Anggota PPG tentunya harus mengawasi seluruh tahapan pemilu di tingkat gampong. Misalkan ada tahapan-tahapan yang terganggu maka wajib melaporkan kepada Panwascam," ujar Zulkarnaini.

Di samping itu, lanjut Zulkarnaini, diharapkan kepada seluruh anggota PPG khususnya di Aceh Utara agar dapat mempelajari tugas serta kewenangannya. Kata dia, paling penting adalah bagaimana menjaga integritas dan netralitas sebagai pengawas pemilu di masing-masing gampong.

"Jangan sampai mampu dipengaruhi oleh pihak tertentu yang berpotensi terganggunya daripada nilai dan norma yang berlaku. Untuk itu, mari secara bersama-sama untuk menjaga integritas dengan baik dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019," ungkap Zulkarnaini.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.