22 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Panwaslih Batalkan Perubahan Jadwal Kampanye Bintang-Salmaza, Ini Kata Kuasa Hukumnya

...

  • SUDIRMAN
  • 15 May 2018 20:30 WIB

Kuasa hukum Bintang-Salmaza, M Yahya dan Ardi Pranata. @sudirman
Kuasa hukum Bintang-Salmaza, M Yahya dan Ardi Pranata. @sudirman

SUBULUSSALAM - Sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada Kota Subulussalam yang digelar Panwaslih membatalkan Keputusan KIP Nomor 40/HK.03.01-Kpt/03/KIP-SS/IV/2018 tentang perubahan jadwal kampanye pasangan calon nomor 5, H. Affan Alfian Bintang SE - Drs. Salmaza MAP.

Menanggapi putusan tersebut, kuasa hukum Bintang-Salmaza, Muhammad Yahya, SH, kepada portalsatu.com, Selasa, 15 Mei 2018, mengatakan hasil putusan tersebut akan dibahas bersama calon Wali Kota H. Affan Alfian Bintang dan calon Wakil Wali Kota Salmaza dan tim pendukung.

"Pikir dulu, nanti kami bahas bersama tim tentang putusan ini, untuk mengambil langkah hukum apa," kata Yahya didampingi Ardi Pranata yang juga kuasa hukum Bintang-Salmaza usai mendengar sidang putusan sengketa Pilkada Kota Subulussalam yang selesai menjelang waktu magrib.

Yahya mengatakan, dalam perkara ini, Bintang-Salmaza sebagai pihak terkait. Menurut dia, seharusnya yang akan melakukan upaya hukum selanjutnya adalah pihak termohon yakni KIP Kota Subulussalam. Namun, paslon nomor urut 5 turut melibatkan diri untuk mengawal perkara ini sampai selesai, termasuk jika ada upaya banding ke PT TUN.

"Misalnya upaya banding ke PT TUN untuk memeriksa kembali perkara yang ada, karena putusan ini belum inkrach," ungkap M Yahya.

Hasil putusan ini, Panwaslih memberlakukan kembali SK KIP Kota Subulussalam Nomor 20/HK.03.01-Kpt/03/KIP-SS/III/2018 tanggal 7 Maret 2018 tentang penetapan jadwal waktu dan lokasi kempanye rapat umum pada Pilkada Kota Subulussalam. 

Seperti diketahui, dalam SK tersebut pasangan Bintang-Salmaza mendapat kesempatan kampanye pada 3 Mei lalu, tapi tidak dilaksanakan setelah usulan perubahan jadwal kampanye diakomodir KIP Subulussalam menjadi 21 Juni 2018. 

Perubahan jadwal kampanye tersebut akhirnya dibatalkan oleh Panwaslih Kota Subulussalam setelah pasangan nomor urut 2, Hj. Sartina NA SE MSi - Dedi Anwar Bancin SE atau MeSada dan paslon nomor urut 3, H. Asmauddin SE - Hj. Asmidar SPd atau Hamas melaporkan masalah ini ke Panwaslih dengan menghadirkan enam saksi dan bukti di persidangan.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.