24 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Aceh Utara
Panwaslih: Tidak Ada Tebang Pilih Dalam Penertiban APK

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 14 April 2019 15:10 WIB

Penertiban APK di Lhoksukon. Foto: Cut Islamanda
Penertiban APK di Lhoksukon. Foto: Cut Islamanda

LHOKSUKON - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara bersama Satpol PP mencopot seluruh alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di kawasan kota dan pinggiran Jalan Medan-Banda Aceh, kabupaten setempat, Minggu, 14 April 2019. Penertiban APK tersebut mendapat pengamanan dari personel Polres Aceh Utara.

"Kita melakukan penertiban APK secara serentak, baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten seperti yang kita lakukan di Kota Lhoksukon saat ini. Penertiban ini sebagaimana amanat UU Pemilu dan peraturan teknis lainnya, baik KPU maupun Bawaslu, bahwa dalam pekan ini tidak ada lagi kampanye apapun yang dilakukan oleh peserta pemilu, sehingga seluruh APK ini harus ditertibkan," ujar Kordiv Penindakan dan Pelanggaran Panwaslih Aceh Utara, Safwani, S.H., ditemui portalsatu.com di Lhoksukon.

Safwani menyebutkan, penertiban APK itu dilakukan selama dua hari, Minggu besok (Senin). Seluruh APK yang dicopot dimasukan ke dalam truk untuk diamankan.

"Kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat dapat mendukung kegiatan ini dengan baik, terutama kepada peserta pemilu dengan sukarela membersihkan APK yang sebelumnya mereka pasang selama masa kampanye berjalan, sejak September 2018 hingga 13 April 2019," ucapnya.

Menurut Safwani, sejauh ini tidak ada kendala dalam penertiban APK. Sebelum melakukan penertiban ini, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi (rakor) secara resmi dengan mengundang seluruh parpol untuk memberikan pemahaman terkait masa tenang. 

"Kita juga sudah menyurati secara resmi kepada seluruh parpol untuk penertiban ini. Di sini, kita tidak tebang pilih kepada peserta Pemilu. Semua hal yang berhubungan dengan penertiban kita lakukan secara adil bagi seluruh partai, tidak ada pilih kasih," pungkas Safwani.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.