23 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Panwaslih Turunkan Baliho Caleg di Tempat Terlarang

...

  • PORTALSATU
  • 07 February 2019 20:20 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh menurunkan
sejumlah baliho milik calon legislatif (caleg) dan bendera partai politik yang dipasang di tempat terlarang.

Sebelum penertiban, Panwaslih telah memperingatkan pemilik baliho itu agar memindahkan ke lokasi yang diperbolehkan, tapi tak diindahkan.

Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh, Afridar, mengatakan dalam penertiban ini puluhan spanduk dan baliho berbagai ukuran disita karena dipasang tidak sesuai ketentuan diatur dalam UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum.

“Semua telah dibahas mengenai titik-titik dan lokasi pemasangan APK (alat peraga kampanye), tapi parpol melangkahi aturan dan kesepakatan bersama,” ujarnya, Kamis, 7 Februari 2019.

Dia menjelaskan, sebelumya telah dibahas terkait lokasi-lokasi yang dibolehkan pemasangan baliho caleg maupun bendera parpol. Namun masih ada caleg yang melangkahi peraturan berlaku.

“Penertiban ini dilakukan oleh Panwaslih Kota Banda Aceh bersama Satpol PP dan kepolisian,” tegasnya.

"Pemasangan APK telah ditentukan pada masa kampanye, tapi harus sesuai aturan, seperti tidak boleh memasang di pohon, tempat ibadah, tiang listrik, termasuk pada aset milik pemerintah".

“Ini kan semua sudah jelas melanggar aturan, jadi terpaksa Panwaslih mengambil tindakan yang tegas,” kata Afridar.[](Khairul Anwar)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.