15 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Panwaslu Minta Masyarakat Ikut Mengawasi Tahapan Pileg dan Pilpres

...

  • SUDIRMAN
  • 08 November 2018 16:30 WIB

Wakil Wali Kota Subulussalam Salmaza saat menghadiri acara sosialisasi kampanye pemilu. @sudirman
Wakil Wali Kota Subulussalam Salmaza saat menghadiri acara sosialisasi kampanye pemilu. @sudirman

SUBULUSSALAM - Pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada tahun 2019 mendatang diharapkan terselenggara dengan baik, masyarakat  diminta ikut mengawasi seluruh tahapan yang sedang berlangsung.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Subulussalam, Edi Suhendri dalam sambutannya pada acara sosialisasi pengawasan pemilu kepada puluhan tokoh masyarakat di Hotel Khairulsyah, Kamis, 8 November 2018.

"Kami sangat mengharapkan partisipatif masyarakat memberikan laporan baik berupa pesan singkat (SMS) atau menyampaikan secara langsung, kami siap menindaklanjuti karena itu tugas fungsi (Tufoksi) kami," kata Edi Suhendri.

Menurut Edi Suhendri partisipatif masyarakat sangat diharapkan untuk mengawasi pelaksanaan pileg dan pilpres di wilayah Kota Subulussalam. Hal ini mengingat jumlah petugas Panwaslu sangat terbatas hanya satu orang per desa.

Ia menyebutkan tujuan sosialisasi ini untuk menyampaikan kepada masyarakat melalui sejumlah tokoh bahwa pelaksanaan kampanye dan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) harus berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Sehingga tidak ada APK yang terpasang di tempat terlarang," kata Edi Suhendri menambahkan.

"Kampanye tidak hanya peserta pemilu, tapi juga para calon legislatif (Caleg). Karena itu kami mengundang bapak-bapak supaya dapat mengawasi pemilu ini secara bersama," timpal Edi Suhendri kembali.

Kegiatan ini dibuka Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs. Salmaza MAP mengatakan jika peserta pemilu dan para caleg dan simpatisan mentaati aturan yang telah ditetapkan sesuai PKPU maka dipastikan pelaksanaan pemilu di Bumi Sadakata ini dapat terlaksana dengan baik.

"Kita ingin penyelenggaraan kampanye berjalan tertib, aturan yang ada ditaati diperhatikan rambu tentang pemasangan APK, jika semua sepakat mentaati maka pemilu akan aman dan damai," ujar Salmaza.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, Sahatta mengatakan masyarakat tidak hanya mengawasi peserta pemilu dan para caleg saja, namun juga harus mengawasi kinerja penyelenggara, termasuk KIP Kota Subulussalam.

"Berikan masukan yang sehat kepada kami agar kita mewujudkan pemilu berjalan lancar," ungkapnya.

Ia menambahkan, kesuksesan Pilkada Kota Subulussalam pada Juni lalu juga tidak terlepas dukungan dan partisipasi masyarakat, hal yang sama juga diharapkan pada pemilu 2019 agar terlaksana dengan baik.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.