19 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pasar Inpres Lhokseumawe Terbakar, Ini Kata Tagana

...

  • Fazil
  • 10 June 2019 21:20 WIB

Foto: Fazil
Foto: Fazil

LHOKSEUMAWE - Delapan pintu rumah toko (ruko) di Pasar Inpres Lhokseumawe terbakar, Senin, 10 Juni 2019, sore. Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik di salah satu ruko. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi di lantai dua ruko tersebut.

Informasi dihimpun portalsatu.com, delapan ruko yang terbakar itu milik Tgk. Yusri, Juwoiriah, Jafaruddin, Wandi, Amiruddin, Mubarak, Adi dan Azhar.

Ketika asap mulai mengepul di atap ruko milik Tgk. Yusri, sejumlah pedagang lainnya berusaha memadamkan api dan mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam toko tersebut.

Ketua Tagana Lhokseumawe, Samsul Bahri, mengatakan, mulanya kebakaran itu terjadi di lantai dua ruko milik Tgk. Yusri sebagai tempat mengolah bakso. Sumber api diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari kipas di lantai dua ruko tersebut. Kipas angin itu, kata dia, dinyalakan oleh salah seorang pekerja di ruko milik Tgk. Yusri saat beristirahat. Lalu pekerja itu keluar dari ruko tanpa mematikan kipas angin, sehingga sekitar pukul 16.30 WIB diduga terjadi korsleting listrik.

"Akibatnya api merembes ke bagian toko yang ada di sampingnya. Tetapi kedelapan toko atau ruko itu terbakar hanya di bagian lantai dua saja. Di lantai dua ruko-ruko itu, rata-rata tidak ada barang-barang untuk berjualan. Yang kita lihat hanya ada kardus bekas yang disimpan. Sedangkan di lantai dasar berisikan barang jualan yang pada umumnya berupa rempah-rempah, itu tidak terbakar dan barangnya terselamatkan. Biasanya para pedagang membuka toko untuk berjualan pada pagi sampai siang," kata Samsul Bahri.

Samsul menyebutkan, ruko-ruko yang terbakar di lantai dua itu merupakan bangunan permanen dan semi permanen. Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sekitar pukul 17.00 WIB. Ada lima mobil pemadam yang ikut menjinakkan api. Tiga di antaranya mobil pemadam kebakaran milik Pemko Lhokseumawe, dua lainnya milik Pemkab Aceh Utara dan PT PIM.

"Personel Polres Lhokseumawe, RAPI, TNI, Tagana, PMI dan masyarakat turut membantu memadamkan api. Tidak ada yang korban jiwa dari peristiwa tersebut," ujar Samsul.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.