23 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pasca Bentrok, Tim Irwandi-Nova Aceh Selatan Gelar Konvoi

...

  • portalsatu.com
  • 12 January 2017 21:46 WIB

Konvoi tim pendukung pasangan Cagub dan Cawagub Aceh Irwandi Yusuf - Nova Iriansyah di wilayah timur Kabupaten Aceh Selatan. @Hendrik Meukek
Konvoi tim pendukung pasangan Cagub dan Cawagub Aceh Irwandi Yusuf - Nova Iriansyah di wilayah timur Kabupaten Aceh Selatan. @Hendrik Meukek

TAPAKTUAN - Tim sukses pemenangan Irwandi-Nova menggelar konvoi di wilayah timur Aceh Selatan, meliputi Trumon Raya, Bakongan Raya, dan Kluet Raya, Kamis, 12 Januari 2017. Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari anggota Polres Aceh Selatan.

Konvoi dipimpin langsung Abrar Muda, yang dimulai dari Kecamatan Trumon Tengah melewati rute lintasan jalan Nasional Kecamatan Bakongan Timur, Bakongan, Kluet Selatan, Kluet Utara, Pasie Raja, Trumon Dalam hingga Desa Kapa Sesak Kecamatan Trumon Timur. Rombongan kemudian kembali lagi ke Trumon Tengah.

Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Tim Pemenangan Irwandi – Nova Kabupaten Aceh Selatan, Abdullah, mengatakan aksi tersebut dilakukan untuk menjamin kebebasan masyarakat memberikan hak suaranya pada 15 Februari 2017 mendatang. Mobilisasi massa ini juga disebut-sebagai upaya melawan intimidasi dan aksi teror oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Kami siap mendukung terlaksananya Pilkada damai dan halal di Aceh Selatan yang dibuktikan dengan terlaksananya aksi konvoi damai pada hari ini. Namun, damai yang kami maksud itu harus terbebas dari aksi kedzaliman dan penindasan. Jika harga diri kami sudah diinjak-injak secara terus menerus, kami juga terpaksa akan melakukan aksi perlawanan,” kata Abdullah.

Sebelumnya, Tim Irwandi-Nova sempat bentrok dengan tim pemenangan Mualem-TA Khalid di Trumon Raya pada Selasa, 10 Januari 2017. Insiden kerusuhan tersebut disusul dengan aksi balasan dari massa pendukung Mualem-TA Khalid pada 11 Januari 2017.

Bentrok antarpendukung ini disebutkan berawal dari pemukulan terhadap salah satu anggota tim sukses Irwandi-Nova. Tak terima, massa Irwandi kemudian mendatangi Desa Keude Trumon untuk mencari pelaku. Namun, orang yang dicari tidak berhasil ditemukan. Mereka kemudian merusak dan membakar puluhan bendera Partai Aceh dan Partai Gerindra, termasuk sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) di Desa Keude Trumon.

Beruntung aksi massa tersebut cepat diredam oleh aparat penegak hukum. Kapolres Aceh Selatan bersama Dandim 0107 yang turun langsung ke Desa Keude Trumon bersama ratusan pasukan Brimob dan TNI Kompi C Trumon bersenjata lengkap berhasil memukul mundur ratusan massa yang bersenjatakan parang dan pedang.

Kapolres beserta Dandim mencoba mendamaikan keduabelah pihak, tetapi tidak berhasil. Hal ini disebabkan adanya pengrusakan atribut kampanye di Posko tim pemenangan Irwandi – Nova di Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur pada Rabu 11 Januari 2017 siang.[]

Laporan: Hendrik Meukek

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.