10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


PDBU Bongkar Pasar Inpres Geudong, Begini Respons Kuasa Hukum Pedagang

...

  • Fazil
  • 24 February 2020 11:30 WIB

Foto: Fazil/portalsatu.com
Foto: Fazil/portalsatu.com

ACEH UTARA - Perusahaan Daerah Bina Usaha (PDBU) Aceh Utara membongkar dua bangunan pasar rakyat dan kios di Pasar Inpres Keude Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Senin, 24 Februari 2020. Pembongkaran itu dilakukan lantaran PDBU ingin merevitalisasi bangunan pasar tersebut.

Pantauan portalsatu.com, pembongkaran bangunan pasar itu sejak sekitar pukul 08.00 WIB menggunakan ekskavator yang dijaga ketat personel kepolisian dan Satpol PP.

Informasi diperoleh, pedagang telah memindahkan barang-barang jualan di pasar maupun kios tersebut pada Ahad, 23 Februari 2020, malam.

Tidak tampak aksi protes para pedagang saat pembongkaran bangunan pasar itu. Namun, Kuasa Hukum Pedagang Kios Pasar Inpres Geudong, Anwar, menyampaikan kekecewaannya terhadap PDBU.

Anwar menilai pembongkaran pasar dilakukan PDBU merupakan tindakan untuk menghilangkan objek perkara yang sedang ditangani Pengadilan Negeri Lhoksukon. Objek dalam perkara gugatan para pedagang adalah kios-kios yang ada di pasar inpres tersebut.

"Kita melihat pihak PDBU melawan hukum (terkait perkara gugatan) yang sedang berjalan di pengadilan, karena sudah menurunkan alat berat untuk membongkar objek perkara itu. Kita menaruh kekecewaan yang sangat besar terhadap aksi yang terjadi di Pasar Inpres Geudong saat ini," kata Anwar kepada para wartawan di lokasi Pasar Inpres Geudong, Senin pagi.

Menurut Anwar, walaupun objek perkara itu sudah dilakukan pembongkaran oleh PDBU, pihaknya mempercayakan kepada majelis hakim Pengadilan Lhoksukon untuk menangani gugatan pedagang sampai tuntas. “Apakah perkara itu nantinya akan dilanjutkan atau bagaimana. Karena selain menuntut Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), ada tuntutan ganti rugi yang kita mohonkan kepada majelis hakim," ujarnya.

Sebelumnya, para pedagang menghadang alat berat yang hendak menggusur Pasar Inpres Keude Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Selasa, 7 Januari 2020. Satu alat berat jenis ekskavator disiagakan di lokasi Pasar Inpres Keude Geudong yang dikawal personel kepolisian dan Satpol PP. Namun, pedagang menghadang alat berat itu. Dua perempuan tampak naik ke ekskavator meminta operator alat berat tersebut agar tidak melakukan penggusuran. (BacaTolak Penggusuran, Pedagang Pasar Inpres Geudong Hadang Alat Berat)

Humas PDBU, Halim Abe, kepada para wartawan, 7 Januari 2020, mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan mediasi serta pendekatan persuasif dengan para pedagang. "Kita ingin merevitalisasi 70 pintu toko Pasar Inpres Geudong yang sudah habis masa BOT yang selama ini masih dipakai pedagang, termasuk dua bangunan pasar sayur, untuk coba kita bangun kawasan baru di lokasi pasar tersebut. Sehingga pasar ini sebagai salah satu pusat peradaban Islam dan tidak lagi terlihat kumuh maupun macet," ucap Halim Abe.(Baca: Pasar Inpres Geudong Gagal Dibongkar, Ini Kata PD Bina Usaha)[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.