26 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pembakar Gedung Rektorat Unimal Divonis 3 Tahun

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 28 December 2017 14:20 WIB

LHOKSEUMAWE -- Mantan karyawan Universitas Malikussaleh (Unimal), Safwandi, divonis 3 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN)  Lhokseumawe dalam persidangan pada Kamis, 21 Desember lalu.

Pria asal Hagu Selatan, Lhokseumawe itu dinyatakan bersalah karena sengaja membakar Gedung Rektorat Unimal di Reuluet, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara pada Jumat, 18 Agustus 2017.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmat S.H. dari Kejaksaan Negeri Lhokseumawe saat ditemui portalsatu.com, Kamis itu  menjelaskan, pada persidangan pekan sebelumnya Safwandi dituntut 4 tahun penjara, dikenakan pasal 187 KUHP  karena membakar fasilitas publik.

Atas putusan itu, Rahmat menjelaskan, sidang putusan dimulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB, dipimpin Ketua Majelis Hakim, Muklis S.H.  anggota Jamaluddin S.H., dan Muktari S.H.  Atas putusan itu, JPU dan pihak terpidana melalui kuasa hukumnya, Zulfikar S.H. sama-sama bersikap pikir-pikir untuk melakukan upaya banding.

"Saya rasa tidak ada upaya banding karena JPU dan terpidana Safwandi sama-sama mengambil sikap pikir-pikir setelah diputuskan majelis hakim," kata Rahmat.

Berita sebelumnya, Safwandi menyerahkan diri ke Polres Lhokseumawe usai membakar Gedung Rektorat Unimal di Kampus Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Jumat pagi, 18 Agustus 2017.

Pria kelahiran Sawang 1983 itu nekat membakar gedung itu dengan dalih kesal karena dipecat sepihak oleh kampus, dan istrinya yang sudah lama mengabdi sebagai asisten dosen juga belum diangkat sebagai tenaga kontrak.

Akibat kejadian itu, Unimal mengalami kerugian mencapai puluhan miliar. Tidak hanya gedung yang terbakar, semua perangkat yang ada di dalamnya termasuk server, ikut hangus.[] (*sar)

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.