21 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemerintah Aceh Utuskan Relawan ke Lombok

...

  • Fazil
  • 10 August 2018 09:00 WIB

BANDA ACEH - Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, melepas sejumlah relawan Aceh dalam rangka misi kemanusiaan yang terjadi gempa bumi di Lombok, NTB. Serangkaian acara seremonial pelepasan  itu dilakukan di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis, 9 Agustus 2018, sore.

Tim relawan Aceh yang akan berangkatkan pada Jumat 10 Agustus 2018 pagi (besok), itu berjumlah 15 orang terdiri dari utusan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) 2 orang, Dinas Sosial Aceh 1 orang, Dinas Kesehatan Aceh 1 orang, RSUDZA 6 orang dan Unsyiah 5 orang.

Saat pelepasan relawan tersebut turut dihadiri Kepala Pelaksana BPBA, Kepala Dinas Sosial Aceh, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Direktur Rumah Sakit Umum Zaenal Abidin, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Aceh dan Rektor Universitas Syiah Kuala serta tim relawan Aceh. 

Koordinator Tim Relawan Dr. Syafrizal, mengatakan, tim yang akan diberangkatkan ini dinamakan tim Aceh untuk NTB. Tim ini diharapkan dapat membantu korban bencana dan memberikan solusi serta berbagi duka dengan korban gempa di sana (Lombok).

"Tim akan melakukan asesmen dalam bidang kesehatan, melakukan  asesmen terhadap dampak bencana, kebutuhan korban gempa serta kebutuhan para pengungsi," kata Syafrizal, dalam keterangannya diterima portalsatu.com, Kamis, 9 Agustus 2018, malam.

Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengapresiasi SKPA dan institusi yang bekerja cepat untuk membentuk relawan dan berkoordinasi antar institusi, sehingga bisa cepat merespons kejadian gempa di Lombok dan wilayah lain di NTB. 

Nova mengatakan, penderitaan di Lombok sudah pernah dialami di Aceh ketika terjadi Tsunami 2004 silam. “Saudara kita di Lombok tentu sangat memerlukan bantuan, kita terpanggil, maka tim relawan ini kita bentuk demi kemanusiaan dan mudah-mudahan mendapat Ridha Allah SWT," ujar Nova Iriansyah.

Sebelumnya, Nova Iriansyah juga meminta Kepala Pelaksana BPBA untuk berkoordinasi dengan anggota DPRA dalam penggalangan dana, sehingga mendapat donasi tambahan dari masing-masing mereka yang akan berdonasi untuk korban gempa. 

Oleh karena itu, Nova berpesan untuk tim relawan Aceh agar sungguh-sungguh dalam membantu masyarakat korban gempa tanpa membeda-bedakan agama dan suku, karena ini  misi kemanusiaan adalah universal. Dan paling utama prioritaskan korban yang mengalami menderita parah maupun lainnya.

Selain itu, lanjut Nova, tim juga harus bisa menjaga citra karakter positif warga Aceh selama di wilayah bencana, diharapkan koordinator lapangan untuk melaporkan dan terus berkoordinasi dengan BPBA selama di lapangan.

“Sebelum membantu, relawan harus juga menjaga keselamatan diri sendiri terlebih dahulu," ujar Nova. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek, mengatakan, nantinya donasi dari pemerintah dan masyarakat Aceh, diharapkan bisa membantu korban gempa di NTB seperti untuk pembangunan rumah ibadah atau sekolah.

"Tercatat saat ini sumbangan untuk korban gempa NTB sudah mencapai Rp400 juta," ungkap Ahmad Dadek.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.