21 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemerintah Desa Ini Bangun Jalan Usaha Tani

...

  • SUDIRMAN
  • 17 June 2019 15:30 WIB

Foto dokumen Pemdes Lae Langge
Foto dokumen Pemdes Lae Langge

SUBULUSSALAM - Pemerintah  Desa (Pemdes) Lae Langge, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, mengalokasikan anggaran untuk pengerasan jalan usaha tani menuju kebun masyarakat yang berada di kawasan Dusun Rahmah desa setempat. 

Kepala Desa Lae Langge, Amran Manik kepada portalsatu.com, Senin, 17 Juni 2019, menyatakan sebelumnya kondisi jalan tersebut susah dilewati masyarakat saat membawa hasil panen untuk dijual ke pasar. Bahkan, musim hujan akses jalan berlumpur. 

Karena itu pada tahun 2019, pihaknya mengalokasikan anggaran Rp100 juta bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pengerasan jalan sepanjang 300 meter dikerjakan sistem swakelola (padat karya) dengan melibatkan masyarakat turut langsung mengerjakan kegiatan tersebut. 

Pengerasan jalan usaha tani sedang dilakukan oleh masyarakat setempat ditargetkan rampung dalam beberapa hari ke depan. Pengerjaan ini melanjutkan akses jalan yang belum tersentuh pengerasan, setelah sebelumnya di kawasan itu juga sudah dilakukan pengerasan sekitar 75 meter. 

"Kondisi jalan sangat gambut, mobil sering terjebak di sini, makanya dibutuhkan banyak material untuk penimbunan," katanya.

Ia mengatakan, program ini salah satu upaya Pemdes Lae Langge untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa, dengan menyediakan akses jalan yang bagus dan aman dilewati kendaraan roda empat maupun roda dua saat membawa hasil panen dari kebun.

"Mudah-mudahan setelah pengerasan akses jalan ini aman dilewati mobil saat mengangkut hasil panen petani untuk dijual ke pasar," ungkap Amran Manik.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.