21 February 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemerintah Diminta Atasi Banjir di Aceh Utara Melalui Tiga Tahapan Ini

...

  • DATUK HARIS MOLANA
  • 09 January 2017 19:30 WIB

Dahlan M. Isa.@Ist
Dahlan M. Isa.@Ist

LHOKSEUMAWE - Pemerhati Lingkungan Hidup, Dahlan M. Isa mengatakan, penanggulangan banjir di Aceh Utara harus dilakukan melalui tiga tahapan, yakni jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.

Dahlan menyebut Pemerintah Aceh Utara harus bekerja ekstra menanggulangi banjir yang setiap tahun melanda sejumlah kecamatan, merusak fasilitas umum maupun rumah penduduk.

Menurut Dahlan, untuk tahap jangka panjang, pemerintah harus menyelesaikan pembangunan Waduk Keureuto, mencegah illegal logging, dan pengalihan penambahan kebun sawit. Sedangkan jangka menengah, memperkuat koordinasi dengan kabupaten tetangga untuk membantu pencegahan banjir, dan membangun tanggul daerah aliran sungai di Aceh Utara.

“Untuk jangka pendek, pemerintah seyogyanya perlu terus melakukan sepanjang tahun yaitu penguatan kapasitas masyarakat dan penambahan perlengkapan atau alat-alat untuk meminimalisir kerugian maupun korban banjir, apalagi Aceh Utara mengalami kekurangan boat evakuasi,” kata Dahlan kepada portalsatu.com, Senin, 9 Januari 2017.

Dahlan juga melihat perlu adanya kemauan politik yang baik dari stakeholder yang ada di Aceh Utara dalam menanggapi isu banjir tersebut. Sebab, kerugiannya bukan hanya dialami masyarakat, tetapi juga fasilitas umum seperti jalan, sekolah dan lainnya.

“Masih minim boat di BPBD Aceh Utara, saya melihat sudah diusahakan perbanyak boat dan alat bantu lain. Namun, saya melihat perlu adanya sikap bijaksana dari legislatif dan eksekutif dalam ‘mementingkan’ usulan anggaran yang cukup untuk BPBD dalam membantu masyarakat korban banjir termasuk meminta bantuan dari BPBA dan BNPB,” ujar Dahlan.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2015 - 2017 All Rights Reserved.