01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Terkait Pelantikan Pejabat Eselon III dan Kepala Sekolah
Pemerintah Pidie Diduga Abaikan Protokol Covid-19? Ini Jawaban Sekda

...

  • ZAMAH SARI
  • 22 May 2020 10:00 WIB

Pelantikan 154 Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Pidie. Foto istimewa
Pelantikan 154 Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Pidie. Foto istimewa

SIGLI - Meskipun pemerintah pusat dan pemerintah provinsi sudah berulang kali mengeluarkan imbauan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19, tapi di Pidie imbauan itu tampak diabaikan baik masyarakat bahkan pihak pemerintah kabupaten. 

Di pasar dan tempat keramaian lainnya, banyak orang tidak menggunakan masker dan tak ada menjaga jarak. Kondisi itu tentunya sangat berbahaya dan mudahnya terpapar Covid-19 jika ada seseorang yang sudah terinfeksi lebih dahulu. 

Lebih aneh lagi pemerintah setempat seperti tidak menghiraukan imbauan tentang pencegahan Covid-19. Meskipun tidak diperboleh kumpul ramai - ramai dan harus ada pembatasan sosial, pemerintah tetap saja menggelar kegiatan yang mengumpul orang banyak. 

Pantauan portalsatu.com, dua kegiatan pelantikan dilakukan Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik), Senin dan Selasa, 18-19 Mei 2020. Sebanyak 96 pejabat eselon III dikumpulkan dalam Ops-Room Setdakab Pidie.  

Memang para pejabat yang dilantik memakai masker, tetapi pola jaga jarak 1 meter antara satu orang dengan orang lainnya, itu diduga tidak diterapkan. Belum lagi, para pengunjung yang ikut menyaksikan prosesi pelantikan, sehingga sempat terjadi kerumunan dalam ruangan itu. 

Bukan itu saja, sehari setelah pelantikan pejabat eselon III, tepatnya Selasa, 19 Mei 2020, Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie mengumpulkan 154 Calon Kepala Sekolah, mulai TK, SD dan SMP.  

Semua calon kepala sekolah dikumpulkan dalam Aula SMK Negeri 2 Sigli, di Keunire, Kecamatan Pidie. Semuanya memang memakai masker,  tapi physical distancing terkesan tidak berlaku. 

Sekretaris Daerah (Sekda  Pidie, Idhami, kepada portalsatu.com, Rabu, 20 Mei 2020, mengaku, dirinya, senantiasa mengingatkan kepada jajarannya untuk mematuhi dan menaati imbauan percepatan pencegahan Covid-19 dengan mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak. Menurut dia pada pelantikan pejabat oleh Bupati, sudah diterapkan protokol Covid-19.

"Kita selalu instruksikan kepada seluruh kepala dinas dan jajaran pemerintah lainnya selalu kita instruksikan penerapan protokoler Covid-19 di wilayah kerjanya. Kami rasa selama ini sudah diterapkan dalam setiap kegiatan," kata Idhami. 

Bahkan, saat pelantikan pejabat, semua pakai masker, termasuk Bupati sendiri pakai masker.  Pengaturan jarak juga lebih kurang satu meter antara satu dengan lainnya.  

"Terkait pelantikan di lingkungan Dinas Pendidikan. Kita juga sudah meminta untuk menerapkan physical distancing. Kami rasa juga diikutinya," imbuh Idhami.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.