23 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemerintah Upayakan Pemulangan Mahasiswa Aceh di Wuhan China

...

  • PORTALSATU
  • 26 January 2020 16:30 WIB

Saifullah Abdulgani. Foto: istimewa/dok
Saifullah Abdulgani. Foto: istimewa/dok

BANDA ACEH - Mahasiswa Aceh di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, dipastikan dalam keadaan aman dan terbebas dari virus corona. Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial sedang berupaya untuk memulangkan mahasiswa Aceh di Wuhan ke Tanah Air.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan mahasiswa Aceh yang sedang menempuh pendidikan di China, kondisi mereka aman dan terbebas dari virus corona. Pemerintah Aceh sedang berkoordinasi dengan Duta Besar Indonesia di Beijing dan Menteri Luar Negeri untuk pemulangan 12 mahasiswa Aceh yang masih di Wuhan.

“Kondisi mereka saat ini aman, kita doakan saja, semoga tidak terjadi apa-apa, dan mereka juga baik-baik semua. Pemerintah Aceh sedang berkoordinasi dengan Dubes RI di Beijing untuk pemulangan mahasiswa di Wuhan,” kata Saifullah Abdulgani (SAG) saat konferensi pers di Aula DInas Sosial Aceh, Ahad, 26 Januari 2020.

Menurut SAG, Pemerintah Aceh terus berkoordinasi dan memantau perkembangan keadaan warga Aceh di China, khususnya yang berada di kota Wuhan, Provinsi Hubei, melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Jakarta.

“Saat ini PPIT Wuhan bersama ketua ranting kampus terus berkoordinasi dengan KBRI dan Kemenlu. Kami terus mendesak KBRI untuk segera mengevakuasi mahasiswa Aceh di Wuhan,” jelasnya.

SAG menyampaikan, KBRI saat ini sedang mengupayakan mengevakuasi. Namun belum bisa memberikan janji kapan proses evakuasi akan dilaksanakan, karena ada proses yang harus dilakukan, pertimbangan keselamatan pra dan pascaevakuasi.

“Kami juga sudah meminta dan melaporkan kondisi logistik teman-teman, untuk itu jika ada masalah segera lapor ke ketua ranting masing-masing kampus,” tegas SAG.

Adapun jumlah mahasiswa Aceh di China, 56 di Tiongkok, dan di luar kota Wuhan 13 orang. Jumlah mahasiswa Aceh yang sudah balik ke Aceh 31 orang, sedangkan yang terisolasi di Wuhan 12 mahasiswa, dan terjebak di Wuhan dua mahasiswa karena keadaan tidak bisa kembali ke kota Changchun.

“Saat ini total mahasiswa Aceh yang masih di Tiongkok ada 23 mahasiswa karena sebagian pelajar Aceh sudah kembali ke Aceh sebelum tersilosasi,” tegasnya.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.