26 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemilu 2019, Plt. Gubernur Aceh: ASN dan Keuchik Harus Netral

...

  • portalsatu.com
  • 26 March 2019 16:00 WIB

Komisioner KPU RI Ilham Saputra berpidato pada Rakor Forkopimda Aceh, 26 Maret 2019. Foto: Khairul Anwar
Komisioner KPU RI Ilham Saputra berpidato pada Rakor Forkopimda Aceh, 26 Maret 2019. Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keuchik harus netral di Pemilihan Umum 2019. Jika terbukti mengampanyekan calon tertentu bisa diproses sesuai hukum berlaku.

Hal itu disampaikan Nova saat Rapat Koordinasi Fokopimda Aceh yang dihadiri Komisioner KPU RI Ilham Saputra, Dirjen Poltik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen TNI (Purn.) Soedarmo, dan sejumlah kepala daerah, di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, 26 Maret 2019.

Nova menyebutkan, dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 sudah dijelaskan tentang larangan-larangan yang tak boleh dilakukan ASN. Bukan hanya ASN, keuchik atau kepala desa juga tak boleh ikut serta dalam kampanye pemilu caleg dan capres.

“Undang-undang sudah jelas mengatur terkait aparatur desa maupun ASN, jangan coba-coba melangkahi aturan. Jika ditemukan ada ASN dan kepala desa yang mengarahkan ke seorang calon, maka akan dikenakan pidana,” kata Nova.

Menurut Nova, aturan itu dibuat agar para ASN dan kepala desa bisa fokus untuk bekerja. Mereka tak terlibat dalam politik praktis, meski memiliki hak politik. Selain itu juga untuk menjaga netralitas dan kepedulian terhadap pemilu yang aman dan damai.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.