05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemkab Gayo Lues Gelar Ekspedisi Marpunge

...

  • portalsatu.com
  • 26 February 2020 18:02 WIB

Bupati Gayo Lues bersama SKPK dan pencinta alam saat rapat persiapan ekspedisi di Aula Setdakab Gayo Lues [Foto: Win Porang]
Bupati Gayo Lues bersama SKPK dan pencinta alam saat rapat persiapan ekspedisi di Aula Setdakab Gayo Lues [Foto: Win Porang]

Ekspedisi terbesar dalam sejarah yang dilakukan Pemkab Gayo Lues, akan dideklarasikan berkomitmen menjaga hutan, karena tujuan ekpedisi untuk meninjau dan menyebar luaskan ke publik keberadaan danau Marpunge.

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues bersama para pendaki akan menggelar ekpsediai ke danau Segitiga Marpungge, Kecamatan Putri Betung, ekspidisi itu langsung dipimpin Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, Suhaidi, selaku ketua panitia, Rabu, 26 Februari 2020 menjelaskan, jumlah peserta ekspedisi yang sudah terdaftar mencapai 202 orang, baik perwakilan masing-masing SKPK maupun pencinta alam lainya.

"Pendaftaran pendakian ekspedisi ke danau Segitiga Marpunge ini sudah ditutup, yang berangkat hanya 202 orang usai shalat Jumat tanggal 28 Februari, kemudian menginap di kamp 1 dilanjutkan perjalanan ke Pasir Putih, disana sudah di buat kamp 2, perjalanan itu akan menghabiskan waktu sekitar lima hingga enam jam,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru yang dikonfirmasi mengaku akan ikut mendaki bersama peserta ekspedisi ke Danau Marpungge, dirinya siap dan tahan pisik selama perjalanan untuk mencapai lokasi wisata tersebut.

"Ini merupakan ekspedisi terbesar dalam sejarah yang dilakukan Pemkab Gayo Lues, nanti kita akan deklarasikan yang intinya berkomitmen menjaga hutan, karena tujuan ekpedisi ini adalah meninjau dan menyebar luaskan ke publik bahwa Gayo Lues memiliki danau Marpunge yang luasnya kurang lebih lima hektar, bongkahan pasirnya sekitar tiga hektar, sumber air panas, dan memiliki gunung berapi yang aktif," katanya.

Pemerintah Daerah sendiri sudah membuka jalan setapak menuju danau Marpungge sepanjang dua kiometer, sisanya akan dianggarkan lagi supaya danau Marpunge bisa dijadikan objek wisata bersekala internasional.

"Sebenarnya turis manca negara sudah ada yang sampai ke danau Marpunge, makanya kami juga sangat antusias menuju lokasi, dan ini merupakan untuk menyahuti apa yang diusulkan masyarakat setempat kepada kami," jelasnya. [Win Porang]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.