18 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemuda Aceh Utara Ini Sorot Bimtek Geuchik Digelar di Lombok

...

  • PORTALSATU
  • 16 July 2018 00:10 WIB

Abdul Hamid (Abel Pasai). @istimewa/portalsatu.com
Abdul Hamid (Abel Pasai). @istimewa/portalsatu.com

LHOKSEUMWE – Geuchik dalam Kabupaten Aceh Utara kembali mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di luar Aceh. Setelah bimtek di Yogyakarta tahun 2017, kali ini di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bimtek diikuti para geuchik itu diperkirakan “menguras” APBG alias peng gampong yang jumlahnya tak sedikit.

Salah seorang pemuda Aceh Utara, Abdul Hamid alias Abel Pasai, menilai bimtek yang dilaksanakan di Lombok itu merupakan kegiatan pemborosan anggaran. Pasalnya, jika semua geuchik dari 852 gampong di Aceh Utara mengikuti bimtek itu, maka cukup banyak peng gampong yang dibawa ke luar Aceh. “Bayangkan saja berapa banyak dana yang akan dikeluarkan dari Aceh Utara menuju Lombok,” kata Abel, Minggu, 14 Juli 2018.

Menurut Abel, seharusnya para geuchik menolak mengikuti bimtek yang dilaksanakan di luar Aceh agar peng gampong itu dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih mendesak di gampong masing-masing. Jika geuchik merasa bimtek itu penting untuk peningkatan kapasitasnya, kata dia, mestinya dilaksanakan di Aceh Utara supaya anggaran dari APBG tetap berputar di daerah ini.

“Apalagi selama ini Aceh Utara mengalami defisit anggaran yang cukup besar, dan perekonomian masyarakat dalam kondisi terpuruk, sehingga sangat kita sayangkan jika dana APBG justru mengalir ke luar untuk kegiatan bimtek geuchik,” ujar Abel yang merupakan pelaku usaha kreatif di Aceh Utara.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Pertanian Masyarakat Aceh Agro Foundation, Mansur, S.P., turut menyayangkan bimtek untuk para geuchik dalam Kabupaten Aceh Utara dilaksanakan di luar Aceh. Dia menilai, bimtek itu akan lebih efektif dan efisien jika digelar di Aceh Utara atau Lhokseumawe.

“Kenapa tidak didatangkan saja beberapa instruktur ke daerah ini. Di samping menghemat anggaran juga dapat menghilangkan pandangan negatif,” ujarnya.[](rel)

Lihat pula:

Ini Kata Pejabat Aceh Utara Soal Geuchik ke Lombok

22 Juli, Giliran Geuchik dari Kecamatan Ini Terbang ke Lombok

Kata Geuchik di Aceh Utara yang Studi Banding ke Lombok

Sebagian Geuchik Terbang ke Lombok, Ini Kata Ketua Apdesi Aceh Utara

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.