16 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemudik Aceh Jalur Laut Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 19 June 2017 01:46 WIB

BANDA ACEH - Badan SAR Nasional atau Basarnas Banda Aceh mengimbau masyarakat yang mudik menggunakan jalur laut untuk tetap waspada dan menjaga keselamatan. Hal ini mengingat tingginya gelombang laut karena angin kian meningkat.

"Cuaca sedang angin barat dengan ombak cukup tinggi, terutama di wilayah barat termasuk Sabang, Meulaboh, Calang, dan Simeulue, ini ombaknya cukup tinggi," kata Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Suyatno, Minggu, 18 Juni 2017.

Dia menyebutkan situasi seperti ini harus diwaspadai. Namun berbeda di wilayah timur yang hembusan anginnya relatif rendah.

Suyatno mengingatkan agar pemudik lintas laut mengutamakan faktor keselamatan. Hal lain yang perlu diingat adalah menggunakan alat bantu keselamatan, terutama saat kapal sudah terlihat penuh.

"Masalah keselamatan menjadi yang utama. Keselamatan atau self defence, saat menyeberang, saat menggunakan kapal-kapal kecil atau kapal-kapal nelayan, upayakan menggunakan life jaket (jaket pelampung)," katanya.

Dia juga mengingatkan agar pemudik yang menggunakan kapal penyeberangan untuk berhati-hati. 

"Harus tahu di mana pelampungnya. Ini harus diketahui. Sehingga kalau ada kedaruratan, paling tidak ada alat yang digunakan untuk survive," katanya lagi.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.