12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemudik ke Gayo Lues Bakal Diisolasi, Ini Penjelasan Bupati Amru

...

  • Win Porang
  • 11 May 2020 15:00 WIB

Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru. Foto: Win Porang
Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - Orang-orang yang akan mudik ke Kabupaten Gayo Lues bakal dilakukan isolasi mandiri di rumah atau dikarantina di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Blangkejeren. Kedua jenis isolasi itu tergantung hasil pengecekan oleh petugas kesehatan yang memeriksa setiap orang masuk ke kabupaten berjuluk Negeri Seribu Bukit tersebut saat hari raya Idulfitri nantinya.

Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru, Senin, 11 Mei 2020, mengatakan semua aturan telah dikeluarkan dalam menghadapi Covid-19 dan hari raya Idulfitri. Tujuanya untuk kebaikan bersama dan mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Kita sudah mengimbau kepada warga Gayo Lues yang ada di luar daerah agar tidak usah pulang dulu saat hari raya Idulfitri. Tapi jika mereka tetap pulang kita tidak bisa menolak, namun mereka harus mematuhi protokol kesehatan, apakah diisolasi di rumah atau diisolasi di gedung BLK," kata Amru.

Begitu juga peraturan dikeluarkan pemerintah pusat terhadap aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan pejabat lainya, larangan tentang mudik merupakan kebaikan bersama guna mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh kabupaten.

"Untuk itu kita mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi peraturan-peraturan yang dikeluarkan pemerintah," kata Amru.

Soal mudik hari raya Idulfitri, orang yang akan keluar dari Gayo Lues wajib membawa surat dari pengulu dan diserahkan ke kantor Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sementara orang yang masuk ke Gayo Lues akan diisolasi. 

Diberitakan sebelumnya, dua warga Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues positif terinveksi Covid-19 setelah pulang dari daerah zona merah Covid-19. Akibatnya, banyak orang yang diisolasi setelah kontak dengan pasien positif tersebut. Namun setelah hasil rapid test keluar dua kali dengan hasil negatif, orang-orang tersebut kembali dipulangkan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.