26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS Aceh Utara, Ini Kata KIP dan Panwaslih

...

  • Fazil
  • 23 April 2019 15:45 WIB

PSU di Gampong Cut Kec. Nisam, Aceh Utara. Foto Fazil
PSU di Gampong Cut Kec. Nisam, Aceh Utara. Foto Fazil

ACEH UTARA - Pemungutan Suara Ulang (PSU) digelar di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Nisam dan Baktiya, Aceh Utara, Selasa, 23 April 2019. Dua TPS itu TPS 38 Gampong Cut, Kecamatan Nisam, dan TPS 97 Gampong Matang Ulim, Kecamatan Baktiya 

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, mengatakan, berdasarkan temuan Panwaslih, di dua TPS itu terjadi pencoblosan dilakukan lebih dari satu kali oleh pemilih pada 17 April lalu, sehingga direkomendasikan PSU dan dilaksanakan pada hari ini, Selasa. 

"Untuk semua logistik ini merupakan bertanda khusus Pemungutan Suara Ulang. Baik itu jenis formulir, sampul, kotak suara, bertuliskan 'Pemungutan Suara Ulang atau PSU'. Begitu juga dengan surat suara, itu semua bertanda khusus bertuliskan 'PSU' dari semua jenis pemilihan baik surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRA, dan DPRK," kata Zulfikar kepada portalsatu.com, Selasa.

Menurut Zulfikar, semua jenis surat suara mencukupi untuk kedua lokasi TPS PSU tersebut. Logistik PSU itu disediakan dan diambil dari KIP Aceh. PSU sejak pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Setelah pemungutan suara itu, dilanjutkan dengan penghitungan suara.

"Itu sesuai tahapan. Misalnya, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan sudah selesai dilakukan, itu harus ditunda (skor) sampai selesai proses penghitungan suara yang dilakukan di TPS yang melakukan Pemungutan Suara Ulang tersebut. Karena sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu, untuk kegiatan rekapitulasi di tingkat kecamatan itu dimulai 18 April hingga 4 Mei 2019," ungkap Zulfikar.

Ketua Panwaslih Aceh Utara, Yusriadi, menyebutkan, rekomendasi untuk dilakukan PSU berawal dari temuan pelanggaran pemilu berdasarkan video beredar terkait pencoblosan lebih sari satu kali di TPS 38 Gampong Cut, Kecamatan Nisam. Panwaslih Aceh Utara kemudian melakukan klarifikasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), PPS hingga Panwascam, dan mereka mengakui ada yang mencoblos lebih dari satu kali. Atas temuan itu, Panwascam merekomendasikan kepada PPK Nisam berdasarkan supervisi yang diberikan Panwaslih Aceh Utara untuk dilakukan PSU. 

"Begitu pula di TPS 97 Gampong Matang Ulim, Baktiya, juga ditemukan pelanggaran serupa sehingga harus dilakukan PSU," ujar Yusriadi.

Sedangkan di TPS 6 Gampong Jamuan, Kecamatan Banda Baro, kata Yusriadi, ditemukan surat suara yang telah dicoblos terlebih dahulu, 17 April lalu. Yakni, 80 surat suara sudah tercoblos untuk DPRK, dan 85 surat suara untuk DPRA serta beberapa jenis surat suara lainnya baik untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI. Kata dia, temuan tersebut sedang ditelusuri lebih lanjut.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.