20 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pendiri Masjid Kubah Emas Depok, Dian Al-Mahri, Meninggal Dunia

...

  • KUMPARAN.com
  • 29 March 2019 14:00 WIB

 Masjid Kubah Emas, Depok Foto: Abdul Latif/kumparan
Masjid Kubah Emas, Depok Foto: Abdul Latif/kumparan

Pendiri dan pemilik Masjid Kubah Emas di Depok, Dian Djuriah Rais atau yang akrab disapa Dian Al-Mahri, meninggal dunia pada usia 69 tahun, Jumat (29/3) dini hari tadi. Pengusaha asal Banten itu meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Iya betul, saya dapat informasi dari grup WA (WhatsApp), beliau meninggal sekitar pukul 02.15 WIB di rumah sakit," ujar Plt Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI), Arief Rosyid, Jumat (29/3).

Sementara itu dihubungi secara terpisah, kerabat dekat almarhumah, Yetti Anwar, mengatakan, Dian Al-Mahri meninggal setelah hampir seminggu dirawat di rumah sakit karena mengidap sepsis pneumonia atau paru-paru basah.

"Almarhumah sakit sepsis pneumonia. Sudah setahun ini beliau bolak-balik berobat di Singapura," jelasnya.

"Kemarin hari Jumat (minggu kemarin) baru pulang juga dari Singapura, hari Sabtu masuk RS Pondok Indah. Tadi malam sempat nge-drop," imbuhnya.

Saat ini jenazah Dian Al-Mahri telah disemayamkan di rumah duka di Jalan Masjid Al-Ikhlas, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan. Rencananya, almarhumah akan dimakamkan di Masjid Kubah Emas setelah Salat Jumat.

Masjid Kubah Emas atau yang bernama asli Masjid Dian Al-Mahri dibangun di tepi Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat. Masjid ini dibangun oleh Dian Al-Mahri pada 2001 dan selesai 2006.

Masjid seluas 8.000 meter persegi itu memiliki 5 kubah, satu kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal di India. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal.

Keunikan masjid ini yang membuat banyak masyarakat datang berwisata dan menyaksikan keindahan Masjid Kubah Emas dari dekat.

Selain mendirikan Masjid Kubah Emas yang ikonik itu, perempuan kelahiran 14 Desember 1949 ini juga mendirikan Masjid Dian Al Ikhlas di Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Penulis: Kelik Wahyu Nugroho.[]Sumberkumparan.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.