16 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pendiri WikiLeaks Julian Assange ditangkap di London

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 12 April 2019 11:30 WIB

Julian Assange, Pendiri Wikileaks. @Anadolu Agency
Julian Assange, Pendiri Wikileaks. @Anadolu Agency

LONDON - Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, ditangkap di Kedutaan Besar Ekuador di London pada Kamis.

“Julian Assange, 47, ditangkap oleh petugas Metropolitan Police Service (MPS) hari ini, Kamis 11 April, di Kedutaan Besar Ekuador, atas surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Westminster pada 29 Juni 2012,” jelas Polisi Metropolitan.

Assange ditahan di kantor polisi pusat London untuk sementara waktu, sebelum nantinya diserahkan ke Pengadilan Westminster.

Kepolisian menangkap Assange setelah diundang ke kedutaan oleh Duta Besar, menyusul pencabutan suaka oleh pemerintah Ekuador.

Polisi Metropolitan mengungkapkan petugasnya mendatangi kedutaan, tempat tinggal Assange selama tujuh tahun terakhir, karena dia mangkir dari panggilan pengadilan.

Assange tinggal di dalam gedung kedubes sejak 2012 setelah meminta perlindungan dari keputusan seorang hakim Inggris. Hakim itu memutuskan Assange harus diekstradisi ke Swedia karena terlibat pelanggaran seksual.

Otoritas hukum Swedia telah mencabut tuduhan itu pada 2017. Namun, Assange masih berlindung di dalam kedutaan Ekuador karena dikenai tuduhan baru, yaitu melakukan spionase.

Dia pun takut diekstradisi ke AS karena diduga telah mempublikasikan dokumen sensitif milik pemerintah AS di situs Wikileaks.[]Sumber:anadolu agency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.