12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Personel Kodim Nagan Raya Gerebek Lokasi Pesta Sabu

...

  • RISKI BINTANG
  • 08 March 2018 11:00 WIB

Pangdam IM Mayjen TNI Moch Fachrudin melihat barang bukti sabu yang diamankan personel Kodim 0116/Nagan Raya @istimewa
Pangdam IM Mayjen TNI Moch Fachrudin melihat barang bukti sabu yang diamankan personel Kodim 0116/Nagan Raya @istimewa

SUKA MAKMUE -- Tiga personel Unit Intel Kodim 0116/Nagan Raya menggerebek sebuah rumah di Kompleks PT. SPS 1 di Desa Babahrot, Kecamatan Tadu Raya, yang diduga menjadi lokasi pesta sabu pada Rabu, 7 Maret 2018.

Ketiga personel tersebut adalah Serka Junawan, Kopda Agus, dan Kopda Tampu. Informasi ini bermula dari laporan warga tentang adanya peredaran narkoba di kawasan tersebut yang meresahkan warga. Transaksi narkoba disebut-sebut dilakukan pada saat penerimaan gaji karyawan perkebunan.

Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Moch Wahyudi mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut ketiga personelnya melakukan pengintaian di rute Desa Blang Aman Tadi, rute ini berada di jalur hutan dan sulit dijangkau atau dilewati warga.

Setelah diintai dan mendapat informasi akurat, ketiga personel tersebut mendapati tersangka ZA bersama tiga rekannya sedang berada di rumah BD, 25 tahun, diduga mereka sedang berpesta sabu. Ketiganya langsung melakukan penggerebekan namun keempatnya kabur menuju perkebunan sawit.

"Terduga bandar narkoba atas nama saudara ZA mengedarkan narkoba jenis sabu melalui kurir-kurir yang ada di wilayah tersebut, kemudian mengedarkann di Desa Babahrot. Narkoba itu diduga berasal dari Takengon yang dibawa melalui jalur Beutong. Selanjutnya oleh ZA barang itu dibawa ke area PT. SPS 1 melalui jalur hutan melewati Desa Blang Aman Tadu dengan kendaraan roda dua," katanya melalui siaran pers, Kamis, 8 Maret 2018.

Dari TKP ditemukan barang bukti berupa lima sedotan untuk menghisap sabu, dua korek api gas, 10 bungkus paket kecil sabu seberat 3,67 gram dan satu sepeda motor matic.

“Kasus ini akan terus dikembangkan. Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolres Nagan Raya, Sat Narkoba Polres untuk bekerjasama untuk mengembangkan jaringan ini dan identitas para pelaku sudah kita kantongi,” ujarnya.

Sementara itu Pangdam IM, Mayjen TNI Moch Fachrudin yang sedang melakukan kunjungan kerja di Kodim 0116/Nagan Raya mengatakan, keberadaan narkoba di jajaran Kodam IM juga cukup memprihatinkan. Ada 11 anggota prajurit yang sudah dipecat dan termasuk juga persit. Indonesia kata dia sedang dalam masa darurat narkoba dan baru-baru ini banyak dilakukan penangkapan terhadap penyelundupan narkoba melalui jalur laut.

"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh ketiga personel Kodim 0116/Nagan Raya yang telah melakukan penggerebekan terhadap bandar sabu di desa binaan, ini menunjukkan pembinaan teritorial yang dilaksanakan Babinsa berhasil merangkul hati masyarakat dengan melaporkan adanya peredaran narkoba di wilayah mereka, ini sungguh suatu prestasi yang membanggakan," ujar Pangdam IM.

Wakil Bupati Nagan Raya, Chalidin, yang turut mendampingi kunjungan kerja Pangdam mengatakan, yang telah dilakukan para personel Kodim 0116/Nagan Raya patut diacungi jempol.[]

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.